Monday, October 7, 2013

SELAMAT TINGGAL NATASHA

Well, judul blog saya yang berkesan dramatis kali ini, sama sekali gak ada hubungannya dengan perpisahan dgn seseorang yang bernama Natasha. Karena nama Natasha ini adalah nama produk skincare yang kayaknya sebagian besar para ladies yang tinggal di kota2 besar dan perduli banget sama penampilan pasti mengenalnya.

Setelah menimbang, mengukur, memilah dengan cara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya. Akhirnya saya memutuskan untuk berhenti menggunakan rangkaian produk perawatan dari skin care Natasha.

Langkah ini saya ambil bukan tanpa alasan. Selain harganya yang cukup merogoh kocek terlalu dalem, belakangan ini saya juga merasa, kalo penggunaan krim ini udah gak memberikan hasil yang memuaskan lagi.

Saya menggunakan krim ini tepatnya mulai awal April 2013, yang berarti menginjak 6 bulan saat saya memutuskan stop.
Berawal dari keisengan saya menenggak pil china penambah berat badan kianpi, yang testimoninya akan saya ceritakan terpisah nanti, untuk sekedar sharing supaya jangan ada yang mengalami kejadian seperti saya. Singkat cerita salah satu efek samping pil yang katanya mengandung steroid itu  selain moon face, saya juga jerawatan....Arrghhhhhh...

Padahal kulit saya termasuk yang jarang berjerawat, kecuali saat PMS menjelang menstruasi aja. Waktu itu jerawat kecil2 dan bruntusan tumbuh subur di dahi, jerawat sedang tumbuh di area di bawah hidung dan dagu.  Akhirnya setengah desperate, sayapun memutuskan untuk menggunakan Natasha dan berharap krim ini bisa membantu mengatasi masalah gw.

Dannnnn...Jrenggggg...
Di awal penggunaan, hasil yang saya peroleh signifikan bangetttt.
Kulit jadi kenyal, halus dan keliatan flawless banget. Enak banget kalo di pegang atau di toel2 gituh. Jerawat dan bekas jerawat juga semakin menipis.
Tapiiiii...cerita saya dengan krim Natasha ini tidak berjalan lancar melainkan penuh dengan liku2 kayak sinetron di tipi, dan nggak berakhir happy ending kayak dongeng Cinderella.

Skincare Natasha saya yang sudah pensiun.
Di pertengahan, sebelum saya memutuskan berhenti, saya merasa lama2 kulit wajah saya biasa ajah, gak sebagus, secerah, sehalus dan se-flawles waktu pertama saya pake.

Belom lagi, saya termasuk cewek aktif yang kadang sering di outdoor dan langsung kena paparan sinar matahari. Anehnya walaupun saya udah pake sunblock/ tirai dari krim yang bersangkutan. Tetep ajah kulit saya jadi kusemmm kayak jendela gak di bersihin, belum lagi kulit berubah jadi bruntusan.
Reaksi jadi mendingan kalo udah di kasih krim iritasi saat malam hari.

Masalah mungkin teratasi, tapi yang jadi ketakutan saya adalah bahwa kulit saya sebelum pake krim itu, kayaknya gak se-sensitif ini.
Kalo kepanasan paling banter gosong ajahhh...tp gak bruntusan dan gatel cekit2 gitu.

Blom lagi kalo krim muka abis, dan stock mereka pas kosong. Saya kayak orang kecanduan yang gak sabar nunggu krim itu dateng karena semakin lama kulit saya  jadi bruntusan dan gatel2. Krim iritasi cuma sedikit membantu, lagipula kata mbak2-nya krim iritasi gak bisa di pake terlalu sering dan sayangnya saya juga gak tanya juga kandungan dari krim iritasi itu apa aja. Tapi yang jelas, krim iritasi ini di sarankan di simpan di dalem kulkas.
Hufttt...

Karena kulit wajah saya kayaknya agak kusam dan jadi sensitif, akhirnya dari pada saya bayar mahal terus menerus sementara hasilnya juga gak sepadan. Saya pun memutuskan untuk berhenti dan memutuskan untuk menggunakan krim aman yang katanya halal yang mudah di peroleh di pasar.
Bayangin ajah...setengah dari budget yang saya alokasikan buat Natasha itu bisa buat beli produk Wardah lengkapppp...full varian...Udah dapet krim, facial foam, cleanser and tonner, lipgloss, bedak, lipstick sunblock...Awwwww!!! Gimana saya nggak ngiler coba??!!

Saya sih gak terlalu perduli sama brand itu musti highclass atau nggak. Kalo dengan budget standard tapi hasilnya ok!
Murah...tapi gak murahan!
Why not??! #Ini prinsip orang Indonesia bangetttt...hahaha... 

Tapi ternyata masa transisi untuk berhenti pakai natasha dan pindah ke skincare yang bertajuk halal...yaitu Wardah. Nggak saya lalui dengan mudah. Penggunaan Natasha yang hanya sekitar 6 bulan itu aja, ternyata udah bikin kulit saya ketergantungan. Saya pun panik, karena kulit saya mendadak bruntusan dan gatal2 dengan bentol2 kecil yang kadang muncul, kering rada kusem. Pokoknya gak enak banget dehhh.

Selidik punya selidik hasil dari penerawangan di sebuah forum khusus wanita "female daily", ternyata reaksi yang saya alamin itu reaksi yang banyak banget di alamin sama mereka yang pengin putus sama Natasha. Lebih parah lagi ada yang mukanya sampe jerawatan gede2, kusam. Intinya di situ di jelasin kalo mau putus dari Natasha, iya harus siap nanggung resiko breakout  yang timbul n' harus bersedia tampil jelek selama beberapa bulan ke depan. Hikz

Yang lebih parah lagi, konon katanya dari forum yang saya susuri di femaledaily (nggak tau bener atau nggaknya, so saya nggak bertanggung jawab atas berita ini karena masih "konon" katanya) krim yang saya pake selama ini di tenggarai mengandung steroid.

Huaaaa...langsung parno!!! coz saya ninggalin kianpi (pil china penggemuk badan) juga gara2 pil itu konon mengandung steroid dan sumpahhh...saya udah kapok nanggung efek saat berusaha lepas dari steroid yang bikin muka saya sempet berantakan gara2 jerawat jadi hobi bertengger di muka saya. Keinginan buat tampil cantik...mendadak berubah jadi nightmare...haduhhhh...lebay banget gak sihhh sayahhh

Well...
Kalo pengin tau efek break out di hari ke 4 di wajah saya, bisa di liat di foto berikut ini...
Foto  di ambil dalam keadaan wajah tanpa make up sama sekali.

Bruntusan kecil2 di dahi n' seluruh wajah saya, di bawah mata malah bentol2 kecil2 dan gatal.

Dahi saya yang mendadak kusam...hikz...parah banget yahhh.
See...dengan kondisi muka begini, saya mana berani langsung ganti krim muka. Foto di atas di ambil pas hari ke 4, waktu saya lagi berusaha netralin residu krim2 yang sebelumnya saya pake, untuk terus beralih ke Wardah.

Selama seminggu penuh, saya cuman pake minyak zaitun unuk ngebersihin muka n' buat ngatasin kulit wajah yang kering dan gatal, supaya lebih lembab. Sesering mungkin abis cuci muka saya basuh muka pake air teh hijau yang di diemin semalem, banyak konsumsi teh hijau untuk antioksidan, terus saya juga kadang maskeran pake perasan air jeruk lemon kurang lebih 15 sampe 30 menit.

Ada yang menyarankan untuk pake krim Asthin force untuk antioksidan, bahkan ada yang di minum juga. Tapi saya pikir, saya belum perlu banget, saya pikir dengan perbanyak minum green tea and istirahat cukup, masih ok lah efeknya buat saya. Toh Green tea itu kandungan antioksidannya tinggi banget dan lebih alami.

Saya tetep pake make up seperti biasa, pekerjaan sebagai sales and marketing di mana saya harus ketemu klien nggak memnungkinkan saya buat tampil tanpa make up sama sekali. selain itu, emang saya orangnya juga suka dandan sihhh. tapi berhubung lagi proses penetralan...Saya nggak pake krim pelembab apapun baik siang ataupun malem.  Tapi kalo siang, saya tetep pake sunblock wardah dengan SPF30-nya untuuk perlindungan buat kulit wajah dan leher. Coz menurut saya, udara dan terjangan matahari di Jakarta udah bener2 gak ramah lagi sama kulit, jadi saya perlu sunblock yang high protection.

Alhamdulillah sejauh ini, efek yang katanya banyak jerawat besar2 bermunculan yang banyak di alamin sama temen2 lain para survivor yang lepas dari Natasha, nggak saya alamin, meski saya mau kedatangan tamu bulanan sekalipun.

Sekarang, menginjak seminggu lebih. Saya udah beranikan diri pake Wardah yang lightening serries step2. Belum ada perubahan signifikan dalam artian kulit mendadak jadi kinclong, kenyal, flawless kayak waktu pake Natasha.
Huftttt...udah mendingan, dari pada kemaren2. Musti sabar yahhh...


My Wardah skincare series...Welcome to my beauty kit

 But well...we'll see. Coz saya berharap banget bisa cocok sama skincare Wardah series ini. Karena sebelumnya banyak review yang cukup puas sama wardah.
I know...skincare itu cocok2-an. So saya berharap kulit saya yang biasanya jarang rewel ini bisa berkompromi sama produk yang bikin kantong majikannya gak cepet bolong kayak waktu pake Natasha.

Tulisan saya ini cuman sekedar share pengalaman aja, syukur bisa ngebantu temen2 dalam ngambil keputusan or kasih info n' tips gimana cara ngatasin ketergantungan cara saya.  ambil sisi positifnya aja deh, Buat yang cocok n' kekeuh pake Natasha...ya mangga atuhhh sok silakannn...
Your life...your rules...your risk...



216 comments:

  1. Kak,smpe skrg msih pake wardah ga?bgus bgd effectx kak, ak dulu sempet pake wardah,tp ga rutin sih.. hehe

    ReplyDelete
  2. Masih Dear... Tapi karena masih peralihan saya lebih banyak pake oil2-an gitu such as : EVOO sama grapeseed oil. Saya malah jarang pake cream wardahnya karena klo saya pake nggak lama purging.
    Tapi kalo sunscreennya benda wajib banget buat saya. Sejauh ini purging saya hilang justru karena rajin pake oil2-an.
    Makanya sekarang selalu sedia stock oil2 tersebut.
    Wardah yang rutin saya pake itu bedak, lipbalm, sama sunscreen aja. Jadi belom berani kasih review...hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak EVOO dipake buat masker ya? EVOO nya khusus atau gimana? Saya punya dirumah tapi yang bisa dipake buat salad. Itu bisa dipake buat oles2 ke muka juga ngga?

      Delete
    2. Mb aku juga berhenti natsha kluar bruntusan gatel ihhhh sebel bgt nih aku coba produk erha ttp aja ga ngefek bruntusan masih ada huffttt gmn cra ngilangin nya ya mba

      Delete
    3. Mb aku juga berhenti natsha kluar bruntusan gatel ihhhh sebel bgt nih aku coba produk erha ttp aja ga ngefek bruntusan masih ada huffttt gmn cra ngilangin nya ya mba

      Delete
  3. Kak mau tanya, saya baru hr pertama pindah ke wardah. Kemarin sih disaranin sama yg di wardah untuk pake yg biasa dlu bukan yg lightening sbg penetral dan skrg msh deg2an nunggu hasilnya.. sebaiknya facial foam nya tetap dipake gal ya kak? Apa hanya pake sunblock saja? Thanks

    ReplyDelete
  4. Dear Anissa,
    So sorry for late reply. Untuk perpindahan skincare memang sebaiknya kulit di istirahatkan dulu/ di netralkan supaya residu dari krim2 sebelumnya benar2 hilang sehingga skincare kamu yang baru kerjanya lebih maksimal. Saran dari BA Wardah emang ada benarnya untuk pake yang biasa dulu, untuk netralin kulit kamu.
    Kalopun kamu nggak mau pake wardah yang biasa, cara satu2nya dengan berhenti/ puasa dari krim apapun sekitar 1 mingguan, gantinya kamu bisa pake bahan2 alami.
    agak sedikit repot memang, saya sendiri pilih bener2 puasa, tapi tetep pake sunblock dan sabun bayi dengan PH balance (ex. Zwitsal) sebagai ganti facial foam. Sampe sekarang saya masih keterusan pake cara ini, dan belum coba lagi wardah yang lightening serries. Alhamdulillah kulit saya jarang jerawatan, klo ada jerawat kecil saya atasin dengan krim pasta dari baking soda, dan akan kempes dengan sendirinya.
    Semoga bisa membantu yahh.

    ReplyDelete
  5. mbak persis banget kayak q ne,,duhh galau ne mbak,,q kurang lebih 6 bulan pake natasya n pernah 2 hari gak pake krim facialwash sama sekali,,langsung bruntus kecil",,q pengen berhenti total ne,minta tolong kasih solusi ya mbak!?kalo misal slama seminggu q pake krim iritasixnya trus berhenti total.trus seminggu kemudian q prawatan alami pake minyak zaitun,teh hijau, gimana mbak??minyak zaitun merk apa yg bagus n harga terjangkau

    ReplyDelete
  6. Hi Devina...
    Iyahhhh...dan aku udah kapok pake krim itu. Tapi masih bersyukur loh kalo cuma bruntusan, karena beberapa ada yang sampe ngalamin jerawat besar2 dan meradang.
    Kalo untuk minyak zaitun, aku sih tadinya pake bertolli. Taoi sekarang rutin pake grapeseed oil aka minyak biji anggur yang lebih cocok buat kulit aku yang berminyak.
    Setau aku krim iritasi si "N" ini nggak di anjurkan di pake lebih dari 3 hari. Hmmmm..."tanya kenapa?"
    Mendingan kamu lepas pelan2...mulai dari day cream...terus sabun...satu2 gitu deh. terakhir night creamnya. atau di selang-seling pake minyak2 an klo malem.
    Kalo bisa jgn pake zaitun pas siang hari krn bisa bikin kulit kita makin eksotik alias efek tanning.
    Ini postingan aku soal minyak zaitun http://serumpun-ilalang.blogspot.com/2013/10/my-beauty-weapon-extra-vigin-olive-oil.html
    Untuk aneka bahan2 natural organic kayak minyak2-an, kamu bisa hunting di sini https://www.facebook.com/organicnaturalshop?fref=ts
    BTW...untuk beberapa waktu, mungkin kulit kita bakal keliatan nggak bagus, kusam, bruntusan selama masa lepas dari kecanduan krim, soooo harus siap mental yahhhh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak saya memakai natasya kurang lebih juga 6 bulan, saya mau berhenti mbak ketika saya mau berhenti muka langsung bruntusan. tolong mbak kasih tahu gmna cara menetralisir kulit yang sebelumnya memakai natasya. kalupun memekai minyak zaitun merek apa mbak untuk kulit kering . terima kasih mbak

      Delete
  7. Sama persis sama yg aku alamin. Baru browsing cara ngilangin ketergantungan sama natasha, akhirnya nemu blog ini. Aku pake natasha udah hampir 2 tahun, hasilnya gag begitu terlihat, emang kulitku agak putihan, tapi aku ngrasain bener2 ketergantungan bgt. Sekarang masih pake krim malam sama tirai(ngabisin stok), dan emang niat mau stop di natasha. Alhasil, jerawat gede2 bermunculan, jerawat kecil2 jg bertebaran, padahal dari dulu gag pernah jerawatan. Mukanya jg kusem bgt, pori2 gede, bener2 masa2 yang buruk buat wajahku. So, please kak what should I do? bener2 bikin gag PD. Thanks in advance

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Farah...
      Wahhh...kalo problemnya sampe jerawat besar2...mengkin sebaiknya kamu ke dokter yang bener2 spesialis kulit deh. Jangan klinik2 perawatan kulit lagi,
      Mungkin waktu itu krn saya pakenya nggak sampe tahunan, jadi efek ketergantungannya belum terlalu parah. Waktu itu saya cuma atasin pake minyak zaitun, krn waktu lepas kulit jadi bruntusan dan kasar banget. Terus untuk ngebersihin muka coba pake minyak jarak (bisa beli online) di campur minyak zaitun sambil di pijat pelan aja untuk angkat kotoran, terus kompres pake handuk anget yang di rendam pake air green tea, diamin di wajah sampai handuk agak dingin, terus di usap pake handuk untuk angkat minyaknya sampai bersih. Setelah itu kulit di jamin jd lembab dan berasa halus.
      Kalau pun mau cuci muka pake sabun, pake sabun bayi yg ph balance dan nggak mengandung mineral oil say...krn buat kulit berjerawat...mineral oil bisa memicu tumbuh jerawat.
      Untuk jerawat yang meradang, biasanya kalo begitu udah mulai numbuh jerawat (rasanya agak pegel) saya kasih baking soda yang di campur air (jadi krim gitu) terus di olesin di jerawat.
      Tp yah itu...kondisi kulitkan beda2 yah...di saya sih it works...
      Klo udah lama pake, emang musti pelan2 sih, takutnya kulit kaget. Saya sendiri proses netralinnya sengaja saya lama-in (sampe 3 bulanan cuma pake biji minyak anggur untuk ganti pelembab, trus pake sunblock baru deh dandan seperti biasa)
      Semoga bisa membantu.

      Delete
    2. Oh iya...satu lagi. Waktu proses netralin...saya juga minum green tea tiap hari untuk detoks alias buang racun. Kadang daun2 green teanya saya tempelin di jerawat atau air sisanya buat cuci muka gituh.

      Delete
    3. Gi mbak farah selain pake wardah bisa lo pake jafra. Perawatan dailynya top bgt. Temen saya pake natasha pindah ke jafra. Klo mbak pgn tau ttg produk ini bisa kok line saya. Ke zahrinasan. :)

      Delete
    4. yg mba alami bruntusan saya alami juga .. yg mba tulis sm percis yg sy alami , ketergantungan dan saat ingin berhenti jd bruntusan .. ahhh skrg sy sech dah terbebas dr natasha ... pk loreal ..cukup

      Delete
    5. Wah bnr bgt mbk.sy jg trmsk korbanya..saya pake natasha udah 3 bulan bnyak komen yg kcanduan sya berniat brenti mumpung blum lama.eee malah sekarang ini bruntusan banyak..jerawat kecil2.gatal.brminyak ..dan kusam...haduhh bingung ni mbk.kemana2 jadi gak pede.padahal seumur hidup aku gak pernah jerawatan sama skali.gimana caranya ya mbk biar bisa ilang ni bruntusan trus kembali pake wardah kayak dulu?????

      Delete
  8. Ini yg lg sy alamin mbak....sy ud skt 2 thnan pk natasha...dan ini lg maw lepas ...
    Klo krim iritasinya emang efeknya bgs bgt pas dipake dlm wkt 3-4 hr kulit lgs kenyal tp klo abis itu nd pake kulit merah2 trus keriiing bgt.....mass penetralan kira2 smp.brp lm mbak...?klo buat ganti k wardah hrs tunggu brp lm yaa ini sy ud 2 mg an dan kulitnya keriing bgt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Proses penetralan saya rada lama say, krn waktu itu pernah setelah 2 minggu lepas dari Natasha, trus saya pake Wardah...kulit saya kyk nggak nyaman gitu.
      Akhirnya proses netralnya saya bikin sekuatnya saya ajah...mungkin sekitar 3 bulanan gitu, saya cuma pake grapeseed oil ( ini berguna banget untuk mengontrol minyak berlebih di kulit saya , fyi ; kulit saya berminyak). Sunblock saya tetep pake wardah trus make up biasa. Malem sebelum tidur, setelah di bersihin pake minyak juga. Saya pake grapeseed oil untuk ganti krim malam..
      Setelah 3 bulan, saya baru beraniin pake wardah lagi...Alhamdulillah nggak ada masalah sih. Paling jerawat 1-2 itu sih biasalah buat saya.
      Kalo kulit kamu kering banget, coba pake minyak zaitun setiap mau tidur say, tp jgn di pake siang hari yahh...ntar kulit kamu tambah eksotik...hihihi

      Delete
  9. halo mba Rumpun Ilalang, kalo saya sudah 2.5th pake Natasha, krn lebih butuh bwt ekstraksi komedonya, maklum karena hormon dan genetik, kulit berminyak saya ga bs dtangani pake krim, bahkan gelnya Natasha yg menurunkan sebum ga mempan, malah jerawatan, jadi sama dokternya dsuru pake krim normal yg biasa yg ga antiminyak jg si.
    Kalo saya sejauh ini cuma pake krim paginya doank koq, kalo facial wash kadang2 pas pengen beli.
    Kalo sy pengen ga pake natasha, saya cukup ga pake krim pagi aja, langsung pake cc cream clinique. saya coba semingguan ga ada problem. yg repot kalo clinique nya abis, soalnya mahal si, selama ini cocoknya cuma krim pagi natasha n clinique cc cream. udah anti sama hada-labo krn breakout superparah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah pernah coba Grapeseed oil belum say?Mungkin bisa sambil browsing deh, soalnya setau saya, grapeseed oil itu salah satu natural oil yang light, jadi mudah meresap di kulit dan cocok untuk kulit berminyak kyk kulit saya dan kamu.
      Semenjak pake grapeseed oil, saya udah nggak pernah pake oil face paper lagi. Kalopun berminyak juga nggak berlebih kayak kilang minyak gitu, malah enak pas di pegang kulitnya, jadi lembab n kenyal gitu.
      Soalnya klo kamu pake produk yang mengurangi/ menurunkan sebum...otomatis justru itu akan memicu kelenjar untuk memproduksi minyak lebih banyak di kulit kamu.

      Delete
    2. Mbk saya mau tanya.klo ngilangin bekas jerawat itu gmn yaaa

      Delete
    3. Hi Reni, coba pake madu di tutulin di bekas jerawat. Atau pake natural oil itu klo teratur, lama2 bekas jerawat makin menipis kok.
      Emang butuh waktu sihhh...tp beneran deh...setengah tahun lebih punya kebiasaan pake natural oil, bikin saya seneng liat kulit saya sekarang. Jangan lupa istirahat yang cukup, supaya kulitnya juga fresh.
      It's worth to try...

      Delete
  10. All, aku juga ngalamin hal yang sama. Awalnya muka aku biasa aja, ada jerawat satu dua mungkin krna oily, nah karna bosen aku cb pke pencuci muka natasha dgn harapan jerawat aku hilang, and u know what??? Muka aku bruntusannnnn.. Aduh parah bgt, itu prtama kali dlm idupp gw ngalamin hal kek gtu. Wajah kusam, pipi kiri kanan jerawatan gede2, dahi apalgi, sampe mau pke baju aja hati2 kesenggol karna sakit. Mulai dari stu aku brhnti sma sekali pke natasha. Aku cuci muka pke ponds aja, dn aku istirahatkan wajah aku dri cream muka apapun selama 2 mngguan lbih. Aku minum clidinac (antibiotik buat jerawat) puji Tuhan, jerawat aku udh kempes semua, tgl bbrapa biji sja. Sekarang tgl fight aja sama bekas2 itam.. Buat smua, mnding jgn trlalu pke bnyak produk kimia dri klinik kecantikan, yg pnting kulit kita sehat dn bebas jerawat itu udh cukup, jaga pola makan, jgn stres, bnyak doaa, dijamin hdup kita seimbang dn mslah2 tubuh ga akan muncul.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh...setuju banget sama kamu say. Aku juga gitu sekarang, lebih prefer yang natural or pake produk yang OTC ajah, ijin BPPOM nya jelas, jadi resiko lebih kecil selain itu harga jauh lebih murah dan gampang di dapet kalo kita lagi keabisan.
      Kalo temen udah mulai ngeracunin pake produk2 dokter atau krim abal2...langsung say NO...daripada nyesel kemudian...

      Delete
    2. sama ne,,, aku jg br lepas dr natasha,,, beruntusan dan d kening tumbuh jerawat batu ygnkl ilang numbuh lagi g berhenti,,, pe putus asa msti gmn,,, aku cmn pak hada labo,,, yg katanya ph seimbang buat kulit,,, dan pake bedak bayi aja,,, udah tp jerawat dan beruntusan masih aja,,, gmn ya,,,
      oiya grapeseed oil belinya dmn ya,,, thanks sharing nya

      Delete
    3. Hi Rere...emg musti telaten dan sabar say. Aku juga gitu...tp untungnya cuma bruntusan sama kusam aja. Grapeseed oil bisa beli ol say di
      FB : Organic Natural Shop
      FB : Green Mommy Shop.
      atau bisa browsing, usahain pake yang unrefined/ coldpress. Emg sih agak mahal, tp bagus hasilnya.
      Trus seminggu 3 kali sebelum tidur, coba deh kmu lakuin oil cleansing methode. Caranya pake minyak grapeseed oil/ bisa di campur minyak jarak trus pake buat face cleancer sambil di pijat pelan2, setelah itu rendam handuk ke dalam air hangat, bisa juga rendaman air green tea. Trus...di kompress ke seluruh wajah, biarin sampe handuk agak dingin. setelah itu usap seluruh wajah buat bersihin sisa minyak dan kotoran. Klo masih nggak yakin bersih...masukkin anduk ke air anget, trus usap untuk ngangkat sisa2 kotoran sampe kmu yakin bersih. Kamu bisa tidur dengan wajah bersih dan lembab krn minyak tadi.
      Rajin minum green tea, buat detoks. Bisa sehari 2 kali...jgn terlalu sering juga. Secukupnya aja.
      Untuk jerawat...coba bikin pasta baking soda. Olesin di jerawat, biarin sekitar 15 menit (klo saya sering saya bawa tidur) Insha Allah...jerawat cepat mengering...it works at me
      Semoga bisa membantu yahhh...

      Delete
    4. salam Rere dn Rumput Ilalang :). bner skrg aku prefer yg aman aja..

      Delete
    5. Hi Eun Jo...tx juga udah mampir and bener bgt, mo cantik juga musti mikirin efek jangka panjang kan so emg bener bgt, prefer yang aman.

      Delete
    6. Mau nanya antibiotik clidinac cocok utk semua jenis kulit kah? Soalnya sy udh lama berhenti natasha dan 5 bulan ini jerawat nya masih aja nongol trs bruntusan

      Delete
    7. Halo mbaa
      Ini masalah yg saya alami sekarang, saya sudah tekad buat say byebye buat natash**, yang saya tanyakan disini, grapeseed oil unrefined yg mba pakai merk apa :) blog ini sangat membantu kita2 yang mempunyai nasib sama karena krim wajah

      Delete
  11. Kata siapa, banyak yang lepas pake aja gak sampai efek kaya yg ditulis d blog ini atau koment ini ko .. cape deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya saya sekedar share pengalaman saya aja dan ada juga pengguna lain yg efek jerawatnya lebih parah dari saya. Atau klo sist mau bisa jalan2 ke blog lain karena mereka ngalamin hal yang sama. Kalopun kulit sist dan yang beberapa teman yang lain baik2 aja, berarti bagus dongg. Saya rasa temen2 yang comment di sini termasuk sayapun maunya pada saat lepas, kulit kami tetep baik2 ajah, aman, damai, makmur, sentosa.

      Delete
  12. Aku jg korban breakout dr natasha. 1 tahun pakai, trus berenti jd muncul jerawat segede2 jempol. Sempet suntik2 di natasha jg tp muncul lg. Akhirnya ancur parah, iritasi sampai muka merah2, dan juga moonface. Suatu hari ketemu org n sharing2 gt ternyata dia korban natasha jg.dia berobat di dr. Titi moertolo.jd skr aq ikutan deh.semoga bs sembuh..*hanya utk berbgi aja supaya ga banyak yg terjerumus. Oh ya dan anehnya, pernah chemical peeling di natasha,tp sebelumnya jerawatnya dipencetin trus baru dkasi krim peeling.seharusnya kan gak boleh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tx for share Sist...Moga bisa back to normal lagi yahh kulitnya. Coba konsumsi green tea juga sist, buat detoks. Trus air green tea juga bisa buat cuci muka, klo saya kadang iseng tempelin daun green tea pas di jerawat. Klo yang baru numbuh dan masih pegel2 gitu rada berkurang, kadang jadi kempes.
      Atau pake pasta baking soda di olesin di jerawat, diemin semaleman. It works for me...lebih cepet mateng dan mengering jadi gampang ngeluarin isinya.
      Saya nggak brani soalnya klo jerawat di suntik2 gitu, dulu 7 tahun lalu pernah punya jerawat batu, trus ke dokter kulit langganan saya, di suntik sampe sekarang berbekas.
      Alhamdulillah sekarang nggak pernah lagi jerawat batu kyk dulu.

      Delete
  13. sama banget ini, aku juga ngalamin dan timbul bruntus2 kecil semuka muka :(( jadi ga pede banget hiks... baiknya gmna yah? boleh pake bedak ga yah kalau lagi gini :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake bedak sih boleh2 ajah. Saya juga pake waktu masih netralin, karena harus ketemu costumer. Kan nggak lucu klo tampang saya kliatan lecek. Tp yaitu dia...Bedak jadi nggak berasa nempel sempurna, tekstur bruntusan juga makin kliatan apalagi saat bruntusan di kulit udah mulai mengering dan ngelupas. Mungkin pake bedak seperlunya aja sist, kalo udah di rumah atau nggak ketemu banyak orang, bare face ajah. Saya juga gitu kok dulu...
      Sekarang sih udah normal lagi...dan saya pake wardah sekarang...murah and gampang di dapet...hehehe

      Delete
  14. waah kak makasih yah buat info nya untung aja aku gak jadi pake produk natasha tadinya aku mau coba gitu tp pas liat blog tulisan kaka jadi serem deh gak jadi hehe,, oya kak produk minyak zaitun yang bagus merk apa & beli dimana? mohon jawaban nya yaa kak soalnya kulit aku termasuk kering bgt gitu... hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Maryati...tx buat mampir yahhh. Iya intinya saya sekedar share, tp keputusan tetep di para cantiquers semua. Selain itu saya juga sebenernya amat nggak menyarankan pake krim kuning putih yang ngaku racikan dokter atau klaim krim herbal yang ada di pasaran dengan berbagai merk tanpa BPOM...krn itu lebih serem efeknya. Cuma memang belon sempet bikin ulasannya. Tp saya rasa udah banyak blogger yang share tentang ini.
      BTW...ngejawab pertanyaan kamu, minyak zaitun yang banyak di pake sama cantiquer dari survey blog ke blog itu merk Bertolli, gampang banget di dapet di carefour, hypermart, hero dan supermarket2 lain. Harganya sekitar 40 ribuan something
      Tp kamu bisa juga beli yang coldpress khusus untuk kosmetik di toko ol di bawah ini :
      FB : Organic Natural Shop
      FB : Greenmommy Shop
      FYI...itu sekedar share aja, bukan saya yang jualan say...
      Untuk info lebih detail soal khasiat minyak zaitun buka postingan saya aja di http://serumpun-ilalang.blogspot.com/2013/10/my-beauty-weapon-extra-vigin-olive-oil.html

      Delete
    2. Kak wajah aku berminyak terus ada bekas jerawtnyaa tadinya mau pake natasha pas liat blog ini jadinya ragu..kalo menurut kakak ke dokter kulit tu bikin ketergantungan gak?saya cuma pingin jerawat saya dan bekasnya hilang

      Delete
    3. Hi Reni, sebenernya ke dokter kulit nggak masalah kok menurut saya. Asalkan dokter kulitnya memang bener2 mengantongi ijazah spesialisasi untuk kulit.
      Karena dari situ kan bisa di cek, apa penyebab jerawat. Apakah faktor hormonal, kebersihan kulit, sensitifitas dsb juga penanganan semestinya.
      Banyak browsing juga bagus, untuk cari tau dokter kulit yg bener2 bagus dan aman atau cara mengatasi problem masalah kulit kamu.
      Untuk kulit memang hrs bersabar, saya sendiri hrs rela berbulan2 nggak pake krim apapun untuk netralin residu krim yg sebelumnya saya pakai.
      Dan kesabaran itu cukup sebanding dengan hasil yg saya dapet sekarang. Bukan berarti kulit saya super mulus kinclong kyk bintang korea, nggak kok kulit saya terbilang biasa. Tp seneng aja liat kulit jarang bermasalah, kenyal dan lembut.
      Nah...klo saya waktu jerawatan, biasanya pake pasta baking soda yg di diamkan semalaman sampai jerawat kering atau kempes.
      Untuk atasin kulit berminyak, sehabis di bersihkan saya pake minyak biji anggur yg di oleskan di kulit sampai rata, tipis2 aja.kalo berasa ada kelebihan minyak bisa di serap pakai tissue.
      Setelah itu pake cream wajah seperti biasa, seperti day cream kemudian sunblock, diamkan beberapa saat sampai meresap kurang lebih 15 menit)
      Baru deh pake bedak dan make up seperi biasa.
      Hasilnya...seharian jadi nggak berminyak, malah makin teratur makenya kulit makin lembab dan kenyal.
      Kuncinya memang hrs telaten.



      Delete
  15. halo kak, makasih banget ya info nya.
    aku mau tanya nih buat pengganti cream pagi nya lebih baik pakai apa kak?
    aku juga pengen bgt lepas dari natasha nih, tp masalahnya aku udah 3 tahun lebih pakai natasha. jadi takut nanti kalau kulit nya malah jadi rusak :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Dear...
      Sepengalaman saya kalo udah sampe selama itu, kulit harus di netralin dulu.
      Soalnya percuma kamu pake krim baru tp residu (yg bikin efek ketergantungan dan kulit bermasalah) masih tertinggal di bawah pemukaan kulit.
      Beberapa ada yang menyarankan untuk detoks juga seperti minum obat, atau bisa juga minum teh hijau.
      Begitu masa netral dan detoks udah lewat, akan lebih mudah buat kamu untuk ganti krim wajah.
      Teman saya ada yang pake Nano magic spray dan kulitnya sejauh ini nggak ada masalah setelah lepas dr Natasha. Pdhal dia pake Natasha juga lumayan lama.
      Intinya sih banyak jalan menuju roma, tinggal pilih jalan mana yang kira2 cocok buat kamu.

      Delete
    2. Kak aku pake loreal tp pgn ganti wardah gitu. Klo gt jg pakek di netralin juga kah kulitku? Pakek loreal uda 5 tahun sih

      Delete
  16. aku baru pakai natasha lagi 1 mguan ini, sblmnya thn 2010 da prnh pake n ga cocok mukaku d sruh sinar yg mahal itu ampe kering kerontang, abis itu aku mutusin buat stop dan biasa keganjenan pindah dokter kun ama dr freddy yg di siloam, trus aku ke Korea ya tau sendiri lah ya kosmetik Korea yang lagi trend banget dgn bermacam merek dan jenis, tergiurlah diriku dan beli banyak bgt wkt ke Korea, alhasil akhir" ini keganjenan lg pgn nyobain natasha dan pergilah aku sm tmnku, tp ini mukaku jd cerah cuma jerawat kecilnya numbuh T.T dulunya ak ga prnh begini jd bingung ini krn ga cck cream atau knapa :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Vionny, maaf yah. kalo ini saya nggak bisa ngejawab. Maklum bukan dokter/ ahli kulit. Tp mungkin kmu bisa konsul ke dokter yang emang SPKK dan bukan klinik2 estetika gitu.
      Awal pake natas** kulit saya juga bagus bingitzzzz...baru 3 hari pake krim iritasinya aja, kulit saya udah kinclong...kenyal banget...saya aja seneng bangettt. Ke-sana2 baru deh mulai ada masalah. And setau saya, klo pake krim ini, kmu musti naikkin kadarnya klo udah kelamaan. Karena kulit makin lama makin kebal.
      Terlalu serem and terlalu ribet buat saya...karena makin tinggi kadarnya secara logika berarti makin kuat kandungan bahan kimianya.
      Belum lagi pas browsing, banyak nemu review kurang memuaskan dari para mantan pengguna krim tsb. Makin kuatlah tekad saya buat brenti...:)

      Delete
  17. kak postingnya membantu banget makasihh. emg blm prnh pake natasha sih cuma ngeliat tementemen yang baru make pada bangga make natasha karena 'branded' sih.
    mau nanya kan muka aku tipe agak berminyak tapi gak terlalu sih, tapi kalo masalah komedo nya parah nih. mudah banget komedoan kira" apa yaa solusinyaa mnurut pngalaman kakak? mkasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba minyak biji anggur deh, olesin sebelum pake pelembab wajah n' sunblock...tunggu sampe minyak meresap, klo beberapa saat masih berminyak bisa di serap pake tissue baru pake pelembab.
      saya sih emang jarang bermasalah sama komedo, cuma kadang muncul dikit aja. Tp semenjak pake minyak biji anggur, kayaknya saya nggak pernah komedo-an. Terus kulit juga gak berminyak banget, jadi kulit berasa kenyal tapi nggak lengket karena muka berminyak.

      Delete
  18. Kakak rumput ilalang, saya ini malah lagi breakout dari yg katanya adeknya natasha, "Navaagreen". yang digadang-gadang alami,natural dan jauh lebih murah. Tapi tetep aja ngrusak kulit.. Ini malah timbul iritasi di sekitar hidung dan mulut.. Dan akhirnya milih brekout kayak kak ilalang, sambil olesin bertolli EVOO.
    Yang mau saya tanyakan kak, ini rasanya guaaaaaaaaataaaall panaaaasssss cekit cekit gitu ya kak?? Ampunn deh saya kak, pengennya garuk garuk mulu. :( Mohon info dong kak, saya takutnya saya nya yang ga cocok sama minyak zaitun.. Soalnya bruntusanya makin di seluruh wajah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Icha, iya saya awalnya juga gitu waktu brenti pake Natasha. Bruntusan, gatel cekit cekit, trus kulit kering n' kusam gitu. Tp pake Minyak zaitun works well sih ke saya setelah beberapa lama pemakain.
      Bersihin make up juga kadang saya pake minyak2-an jadi ganti milk cleanser, udahanya di kompres pake handuk yg di basahi air hangat, diemin di wajah 5 menitan terus bersihin deh semmua sisa minnyak pake handuk sampe bener2 bersih..
      Untuk detoks dari dalem, coba deh mminum teh hijau secara teratur atau minum juice buah plus banyak minum air putih dan sayuran juga.
      Saya rasa kamu emang lagi melalui proses purging. Emang hrs sabar, telaten dan kadang siap tampil jelek.

      Delete
  19. Dear Ms. ilalang..
    Q juga lagi ngalamin beruntusan tapi bukan karena krim Natasha,melainkan krim Dr. E**her!!! kurang lebih 6 bulan q pke krim setan ini!! (maav y saking jengkel nya Q) g tau kenapa tadinya selama 6 bulan itu baik2 saja kulit g mulus2 banget c tapi bersih g da jerawat n cerahan gitu..tapi semenjak tgl 09/09/2014 munculah beruntusan di muka q awalnya dijidad, q kira tu hanya gatal karna alergi debu gitu tapi stelah searching2 tentang kenapa beruntusan?barulah q tersadar itu karna krim muka Q!! pupus sudah, rasanya kesel banget!! ( singkat cerita sebelum pakai krim setan ini q pke oil2an juga mba seperti rosehip oil,tamanu oil untuk jeriwi,sunblok devita pokoknya yg natural gitu, kulitq g jlek2 bget c pke oil2an ni juga dah cukup bagus tapii karna q tergiur *kulit putih y putih!! q disarankan oleh tmenq pkai krim dr. esther ini) ternyata oh ternyata 2th q pakai oil2an sia2 n dihancurkan oleh krim setan ini..terus q coba konsul lagi ma dr.e**her ini :
    Saya : dok, kenapa kulit saya beruntus y?
    Dok : oh, itu pemakaian creamnya dikurangin dulu..terus xm pakai cream iritasi dulu aja..harga nya 35rb
    Saya : (dalam hati wedus gembel tenan iki, q g mau terjerumus kejurang untuk ke-2 x nya) q hanya jawab ok deh n saat itu juga q ptuskan untuk g komunikasi lg dengan dkter itu..
    trs siangnya q searching obat apa untuk beruntusan,nemu satu artikel katanya pake "OATMEL" buat cuci muka n olesin lidah buaya..ok Fix nanti sore q mo beli agh & cari lidah buaya untung ada dirumah temen mamaq q minta deh untung lagi orangnya baik dikasih sama bibit2nya..heheh
    ok step by step q jalani..
    1. Hari Pertama *cuci muka pake "OATMEL"
    ambil oatmel secukupnya lalu tempatkan diwadah,kasih air hangat..sudah lembek ambil sejumput2 (bahasa mana nie g tau) terus usapkan ke muka seperti qt peeling gtu..diamkan 5 mnitan sambil mandi..setelah itu bilas pakai air hangat..agak lama q bilas lagi cuci muka dengan ristra facial foam..(bukan promosi tapi karna q co2k pake sabun muka ini dy less detergen heheh kaya sabun daia aja y..heheh
    setelah itu q cuci lagi dengan air bersih "aqua ato sejenisnya" merasa bersih aja..
    baru deh q olesin liur lidah buaya, sensasi rasanya dingin, celekit2 gitu ditempat beruntusannya so far bangun pagi tu beruntusan agak menciut tapi gatelnya tetep..
    2. Pagi nya bingung gimana ini?harus pake apa?krim2 apa gitu?akhirnya q beraniin diri pake suncreen wardah yg memang kdang q pake, itu hrus q pake lagi..tapi alhamdulilah g kenapa2..cuma y bruntusnya lebih parah lagi kearah hidung & deket hidung (kayana nie beruntus tipe yang akan menyebar gitu y) huift kesel bercampur pengen nangis karna gatelnya g kuat buuuuuu...tapi g boleh patah semangat pulang kerja q lakukan ritual yang sama dengan hari pertama..ya begitu2 saja tidak ada perubahan yang drastis..masih beruntus n gatel..
    3. Hari ke-3 tetep sama ngantor pake sunblok wardah duank tanpa bedak..
    Tapi malemnya q maskeran madu coz dulu pernah perawatn masker madu ya lumayan ciut itu beruntusan2nya..
    4. hari ke 4 - 7 q terus melakukan ritual q..alhamdulilah g bgitu bnyak n juga da yang kempes..tapi dari ritual ini kulitq jadi sperti kering gitu..
    akhirnya q searching2 lagi pake pelembab apa y yg bisa melembabkan??ketemu blog siapa gitu q lupa pake "HADALABO GOKYUJUN" baru beli tadi + baru psen lagi oil2an (Tamanu oil, Rosehip oil, carrot seed oil)

    nanti bila ada perubahan lagi akan q posting di blog mba ilalang..boleh g mba?

    maav y mba ilalang kepanjangan banget n jadi curcol gini heheheh

    note : q bukan mau jualan tapi cuma mo sharing aja coz q juga sama pengalaman yang sesat pakai krim2 dokter estetika gini??huift..

    mba sbenernya q mo tanya teh hijau yang mba minum tu apa ya?beli dimana?

    thx y

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak oil2annya merk apa? Hadalabokah? Makasih

      Delete
  20. Whoahhh Meysa...itu sih keluhannya sama banget sama saya. Udahannya emang abis bruntusan kulit jadi kering dan kayak ngelupas gitu. Jadi ribet pas pake bedak, karena jadi keliatan banget.
    Nggak papa kok say...kita sama2 share di sini. Saya malah sebelum pake Natasha sempet pake Walet Green Alvina yang gajebo ituhhh. Harganya mahal gillaa, padahal isinya krim putih kuning juga, yang di luuaran harganya murah banget, bahkan ada yang jual kilo-an Untung saya juga makenya gak lama, krn was was ajahhh.
    Ganti ke Natasha krn saya pikir produk skin care terkenal dan ada dokter yang kontrol, ternyata ohhh ternyata....
    Pokoknya krim apapun itu kalo bisa bikin putih dalam hitungan minggu, saya udah parno makenya.
    Kebetulan postingan ini udah lumayan lama, klo sekarang saya pake grapeseed oil secara teratur, tiap abis mandi pagi sama sebelum tidur. Udahannya baru di timpa krim wajah. karena kebetulan kulit saya kan berminyak...n' grapeseed oil ini ampuh bgt untuk kontrol minyaknya. Sabun cuci muka cuma pake cussons baby, less detergent juga kayaknya dan gak mengandung mineral oil, trus harganya murce udah bisa di pake buat badan juga...pokoknya irit dehhh...hehehe. So far sih, kulit aku fine2 aja, nggak jerawatan (kecuali krn faktor hormonal pas PMS, itu juga jarang sihhh)
    Aku pake teh hijau biasa aja kok, yang merk 2tang (versi tubruk) , menurut aku sih rasanya enak apalagi klo di kasih gula batu (or minimal gula pasir dehhh), bisa juga di campur daun mint biar freshhh.

    ReplyDelete
  21. Aku skrg lg bruntusan ka gara2 ga pake cream malam natasha..niatna mau berenti sekalian krn ngerasa keq kecanduan gtu..aku udh pake 2thn..pingin ganti kosmetik yg ga bikin kecanduan..tp apa ya ka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makin lama pake, efek kecanduannya emang makin tinggi. Efek bruntusan itu emang kadang harus di laluin mau nggak mau, saya juga begitu, Masih untung nggak sampe jerawatan meradang di selurh wajah, karena ada loh yang sampe begitu.
      Untuk brenti juga harus kuatin mental, siap tampil minimalis selama beberapa bulan ke depan krn kulit harus di netralin dulu sebelum ganti krim wajah lain. Beberapa orang nggak sanggup bertahan di step ini, karena kondisi kulit jadi nggak prima, kusam, kering, ngelupas, bruntusan, gatel berasa cekit-cekit. Akhirnya mereka balik lagi pake krim N tadi. Itu yang namanya ketergantungan.
      So...kuatin mental dan tekad dulu yahhhh...
      Kosmetik yang ada di pasaran sebenernya cenderung aman, tp ini kosmetik jenis OTC yahhh, alias yg gampang kamu temuin di counter2 kosmetik resmi, bukan krim aneh2 yang nggak jelas depkes and BPPOMnya.
      As long as kulit udah di netralin...biasanya dia cenderung lebih siap untuk nerima krim wajah baru dan beradaptasi dengan krim tersebut.
      Sooo...netralin kulit itu penting banget...

      Delete
  22. samaa.. aq juga lagi mau breakout dr natasha ...
    kak ,, kalo minyak zaitunnya yg sariayu boleh kah?
    aq ada minyak zaitun merk nya borges extra virgin coconut oil yg biasa dipakai buat masakan nya anakku..udah ditauruh dikulkas selama 2 bulan, bisa pakai yg itu ngga kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Profil...boleh juga kok pake minyak zaitun sari ayu. Borges juga bisa di pake, tapi kalo baunya udah tengik, sebaiknya jangan.
      Minyak zaitun sebenernya lebih bagus di simpan di suhu ruang, jangan terkena cahaya matahari langsung, jauhkan dari panas. Kalo penyimpanannya bagus, bisa tahan 2 tahun.

      Delete
  23. Allo mba..
    Y mba maav posting kemarin kepanjangan ya..
    update ni 21 Oct ini kulit aku alhamdulilah mulai membaik yang tadinya beruntusanya gatel banget sekarang dah membaik pake banget..
    tpi y g bisa lgsung hilang begitu sja c, q skrg xlo da bruntusan atau jerawat oles TO (Tamanu Oil) ampuh banget..
    y tu q tetap g pake sabun muka, tapi cumuk pake oatmel aja malah yang ada muka q cerahan + lembab enak...
    trus xlo malem cm pake oil rosehip oil / passion..
    trs xlo untuk mencegah kulit kering q pke hydrosol mba, oh teh yg biasa y..
    pokoknya jgn pantang menyerah deh untuk mau lepas cream2 gaje bgtu.
    kuncinya " TELATEN&SABAR" pasti bisa!!
    jgn tergiur kulit putih cukup cerah & bersih!!
    coz xlo dah terjebak ssah untuk memperbaikinya!!!
    Ayo wanita sadarilah apa yang ditaruh ke kulitmu!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahhh...less than a month...congrats Sist.
      And thank u bgt for share, justru bagus klo panjang jd lebih detail and informatif buat saya dan yg lain2. Hmm...jadi penasaran pengin nyobain metode cuci muka pake oatmeal-nya...:D

      Delete
  24. hai kak. aku juga sama ngalamin bruntusan kaya kakak. muka aku padahal sebelum pake natasha nggak kaya gini. padahal dulu jerawatan normal tapi sekarang muka jadi merah-merah, bentol sama bintik kecil kecil putih. emang sih kalo pake anti iritasi langsung baikan lagi. tapi masa kaya gini terus. yang bikin aku galau kak sabtu depan tanggal 1 november aku mau wisuda. ya ampun masa muka aku kaya gini, kan aku nggak mau moment besar jadi keganjel gara-gara bruntusan. kak aku harus kaya gimana kalo kaya gini??? aku stress banget kalo udah nengok muka. berasa horros kebayang wisuda. kak, minta sarannya ._.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Juliy...duhh maap baru bales. Mana mepet bgt yahhh...wisudanya besok kan?...
      Klo mau cepet agak susah sihh...krn buat nyembuhin bruntusan itu aku sendiri butuh proses.
      Tp coba kmu scroll ke atas di commentnya Meysa Harunaini ( ada 2 comment), si cantik ini ada share cara dia ngatasin bruntusan, dan kyknya metode dia lumayan cepet efeknya ...

      Delete
    2. hay juli, aku juga sama seperti kamu, bruntusan padahal sebelumnya gak pernah gini *tear* aku emg niat mau stop natasha, mungkin efeknya gini deh,... musti sabar kalo ngurus kulit muka, klo malah instan ya klo brenti jd bad deh :"(

      Delete
  25. Ihh waw serem bgt ya hasil skincare gt..
    Klo nano spray gmna kak? Kira2 aman ga yah?

    ReplyDelete
  26. Hi mba,,aqu jg pengguna setia natasha selama 3 thn,,dr duli pgn berenti tp takut dgn efek samping kusam jerwatan dll,,kira2 klo penggunaan 3 thn msh bisa lepas ga ya?,,kulit udh mulai memerah dan menipis :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. hy mba salam kenal. saya udah hampir 2 tahun lebih nih pake natasha, tp sekarang mau breakout total dr skincare ini. mau tau efeknya apa? ya sama seperti sista2 di atas, ya bruntusan jerawat dan muka super kusem. tp keinginan aku buat out emg besar, aku terimain aja wajah aku sekarang. demi bener2 ngilangin kecanduan dr krim ini :'( sedih sih ga pede muka yg asalnya mulus tiba2 harus bruntusan merah. sebelum berenti dr krim natasha jg, seminggu sebelumnya aku baru facial disana. efeknya gak ada apa2 -_- buang2 duit banget dan aku nyesel bg skrg .

      Delete
  27. makasih mbak rumpun sebelumnya udah bikin thread soal ini.. salam kenal ya, problem sista diatas sama banget sama aku. aku sekarang udah pake natasha selama kurang lebih 2 thn, 2 minggu lalu saya trakhir facial dsana soalnya ngerasa ga enak banget diwajah komedo udah numpuk banget. setelah facial, 5 hari kemudian saya liburan ke pantai, so? mau tau apa yg terjadi.?awalnya muka aku bintik2 merah, dikit sih. aku anggap wajar ya mungkin krna udara dsana kan panas. tp lama kelamaan nambah banyak. akhirnya, aku berfikiran bahwa produk natasha mulai ga cocok di aku dan aku putusin buat berenti total dr produk ini. soalnya udah lama jg ingin brenti inituh tp krna takut efeknya parah niat aku buat brenti ga jadi melulu *tear* tp skrg ngeliat emg gada kemajuan malah tambah jelek muka aku :( yaaaaah akhirnya ini hari ke 3 aku stop sama natasha. blm stop total sih, aku msh pake facial washnya, abis aku bingung harus pake facial wash apa:( minta solusinya mba kira2 apa yg bagus ya untuk facial wash nya? tp soal krim siang malam aku udah gapake, kering wajah aku :( kulitnya ada yg ngelupas gitu. siang2 klo ke luar make masker, takut item krna pure gapake apa2. aku mau mulai make produk apotik skinesse sih.. ada yg tau ttg produk ini? sebelum dr natasha aku pake ini cocok soalnya. hehee.skrg aku suka maskeran pake kentang sih kata mama ya nurut aja yaa apa kata ortu, tp beneran pake kentang sih mendingan ga terlalu parah tp tetep aja gapede, sedihnyaaaaaaaaaaaaa pengen nangis kalo ngaca. oiiaaa kira2 brapa lama ya aku berenti total dr krim2 ini buat netralin kulitnya?? soalnya ga enak juga gapake pelembab, aku orgnya sering outdoor mbak maklum mahasiswa, aku mau berpindah lg ke skinesse mba hehe minta sarannya ya gmn ngatasin ini. trimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Eka...maappp baru di respon. Maklum, lagi sibuk sama kerjaan.
      Setau aku klo pake Natasha trus kulit kamu gosong gara2 kepanasan di pantai, mereka suka suruh kasih krim anti iritasi.
      Tp klo kmu udah fed up gak mo pake krim itu lagi, Emang jalan satu2 nya harus berdamai dengan efek nyandu-nya, dan ini bisa makan waktu lama. Tapi buat saya sih itu worth.
      Klo cara saya, saya netralin cuci muka cuma pake sabun bayi (saya pake merk cussons), kalo keluar rumah pake sunblock (wardah), seminggu 2 kali peeling pake scrub kopi campur minyak zaitun.
      Problem umum klo kulit bruntusan biasanya kulit mulai mengering dan ngelupas, itulah kenapa saya olesin minyak zaitun sebelum tidur, at least bisa melembabkan saat kulit melewati masa2 sulit.
      Masker kentang?! Wahhhh...saya suka bgt masker kentang. Udahannya kulit jadi cerah dan kenyal. Trus klo pake make up, jadi lebih enak tuhh peralatan lenong waktu nempel di kulit. Kulit lebih welcome rasanya...
      Setelah melewati masa bruntusan dan kulit kembali pulih, saya ganti minyak zaitun ke minyak biji anggur (karena kulit saya berminyak...catet...), Minyak zaitun malah bikin kulit saya jadi kyk kilang minyak klo jenis kulit kamu kering kmu bisa terus pke minyak zaitun or avocado oil.
      Setelah masa2 sulit lewat...Kulit kmu udah siap menerima krim wajah lain, saran saya pake yang OTC ajah (Yang mudah di dapet di counter kosmetik), lebih aman dan kandungannya lebih ringan. Saya sih pake wardah dan so far nggak ada masalah.
      Ok...semoga membantu.

      Delete
  28. aku udah setahun pake natasha, awalny bagus sih mukanya jadi bersih. tpi koq sering beruntusan gitu ya..
    aku jadi malu..
    pengen nangis...
    aku udah ke dokter lagi sih, tapi koq ya mukaaku masih merah merah. apa karena masih ada efek dr natasha..?
    sebaiknya gimana ya mba..?

    ReplyDelete
  29. Hi Ilalang, saya juga sama sedang ingin berusaha lepas dari produk2 tsb. Tp memang alhasil ketika tdk pakai muka saya jd merah2 bintik dan kasar.
    Nah saya agak kurang mengerti. Utk tahap pertama apa yaa yg hrs saya lakukan. Sabun muka mana yg sebaiknha dipakai dan cream2 apaa yg kadar kimia nya baik.. minyak zaitun itu dipakai utk saat kapan yaa.. thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. sempet jg krn kantong msh tipis,facial d tmpt sembarangan, jerawat mukanya membentuk jenggot jdi dr telinga kanan empe telingga kiri....hiiiii
      tiap hari pke masker bengkoang, bengkoang di parut, dimasukkin lemari es, sblm tdur sy pke sekitar 1jam, itu tiap hari selama krg lbh 1 bln bekas jerawat hilanh,muka seger...cm skrf sdh mls,selain repot jg klau mlm sdh cpek,i kkau produk g ada yg aman,lbh baik pke cr yg sedikit repotlah sista

      Delete
  30. Saya baru 3 bulan pake natasha,,,
    Tadinya sih cuma browsing tentang produk natasha, eh malah ketemu blok ini.

    Gak ad perubahan yang signifikan sih dengan wajahku setelah pake natasha, dari awal memang wajahku normal2 aj sih, paling jerawat klo lagi datang bulan.

    Setelah baca blok ini, mau berhenti takut juga, mau lanjut juga takut...
    Bingung...
    Huft....

    ReplyDelete
  31. Sis aku udh ga pake cream salon sebulanan, aku skrg cuma pake sabun bayi aja. tp jerawat masih ada dan bekasnya item2 bikin ga nyaman.Aku pernah baca masker campuran madu, minyak zaitun dan baking soda bisa ngilangin jerwat. Aku blm coba sih. Menurut sia gmn? Atau saya lgsg pake minyak biji anggur. Kukit saya normal cenderung berminyak dan jerawatan serta bruntusan. KLo mnyk bji anggur merk nya apa yg aslj dan beli dmn? Mohon saran dan infonya yaaa....makasi sis..

    ReplyDelete
  32. Sis aku udh ga pake cream salon sebulanan, aku skrg cuma pake sabun bayi aja. tp jerawat masih ada dan bekasnya item2 bikin ga nyaman.Aku pernah baca masker campuran madu, minyak zaitun dan baking soda bisa ngilangin jerwat. Aku blm coba sih. Menurut sia gmn? Atau saya lgsg pake minyak biji anggur. Kukit saya normal cenderung berminyak dan jerawatan serta bruntusan. KLo mnyk bji anggur merk nya apa yg aslj dan beli dmn? Mohon saran dan infonya yaaa....makasi sis..

    ReplyDelete
  33. sblmnya sdh tau pke natasya bruntusan klau berhenti (semua org yg sy kenal blg gitu),tpi krn dokter yg sblmnya mengkhawatirkan akhrnya tetep nekat pke natasya, baru 1 paket cream ini,efek smpingnya wktu jerawatan, jerawatnya besar2 dan meradang,pdhal dr jaman batu sy g prnh ada jerawat yg begitu,skrg cream pd habis,mau beli d tunda2,smpt iseng2 googling,eh byk komentar efek rebornnya natasya.....jadi bingung mau dterusin apa g neh? ada rekomen produk alami g?oh ya produk2 kyk nature E Gitu ngefek g seh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. xlo mau produk alami ada dari usa bnyaknya..
      kaya q sekarang lebih prefer ke produk alami..
      untuk mencerahkan q pke rosehip oil
      trs vitc. c, sama buat mngecilkan pori2 pke GOW salicylic acid 2% alcohol free (bha)..
      trs xlo minggu q pake peeling kulit pisang ( q usap2kan ja ke muka, setelah itu tempelkan buahnya yg sudah dibejek2 gitu) diamkan ja 10 mnitan gtu sumpah enak bget lho...kulit jadi halus..
      trus q xlo cumuk g pernah pke sbun muka cuma pake cleansing oil apricot + oatmel ja, siang cuma pake carrot seed oil + sunblok burnour + bedak honey bee gardens (produk alami smw)
      tapi tu juga tergantung kulit kita harus trial n eror ya..
      tapi skarang puas bget bisa pakai skincare yang natural smw seperti ini, karna minim dampak kerusakan pada kulit atau tubuh ya..

      cmiiw..

      Delete
  34. Hai... salam kenal ya, mba Lina (rumpun ilalang) & teman2 yg lain... Numpang sharing dengan sista2 ... saya juga pemakai produk n***sha skin care sdh 3thn lbh. Skrg ini sy merasa kulit muka makin tipis, dan super sensitif (dulu tdk). Krn merasakan efek jangka panjang yg tdk baik maka sy memutuskan utk break out dgn produk tsb. Hasilnya setelah tdk pakai produk tsb persis sama dengan sista2 yg lain. Yes... muka jd gatal2, merah2 & bruntusan. Sy pakai extract lidah buaya buat menetralkannya. It's very helpfull. (Gatal2, merah2 berkurang).
    Butuh waktu yg lumayan utk memulihkan kondisi kulit & harus sabar. (Proses sy sendiri baru sekitar 1 minggu).
    Jadi buat temans yg baru mulai atau ingin pakai produk dokter maupun klinik kecantikan manapun, lbh baik dipertimbangkan ulang mengingat efek jangka panjang nya.
    Lebih baik memakai produk umum yg dijual dipasaran spt olay, ponds, loreal, wardah, biokos, dll. Tinggal disesuaikan dengan jenis kulit & 'kantong' kita.
    Meskipun hasilnya tidak se-dasyat produk2 klinik kecantikan / dokter kecantikan, tp paling tidak lbh aman utk kulit kita. Yang pasti tetap harus menjaga kebersihan kulit & mengontrol asupan makanan. Jgn terlalu banyak makan makanan pedas & berminyak/berlemak.
    Semoga sharing sy bisa bermanfaat ya sista...

    ReplyDelete
  35. mb' di jidat q bnyak mruntus jerawta kecil" gt. kyk jerawat batu. dah lama mb' q ke perawatan kulit dah 1 tahun, ni hasilnya kembali lgi kyk dlu. pdhl q g berhenti pke krim mb'. ni q cba blm da 1 minggu tuk pke bahan" alami, tpi mlh makanin parah. minta sarannya ya mb'

    ReplyDelete
  36. Utk sista2 yg mau hijrah dr skin care yg chemical atw yg baru mulai perawatan disarankan mencoba produk yg 100% organik,100% vegan,0% zat kimia,0% paraben,0% SLS,of course halal. Produk itu cuma ada di green mommy shop. Sebut saja super skin nutrition ky grapeseed oil,rose hip oil,seabuckthorn oil,pomegranate,aloe vera,coconut oil,olive oil,jasmine oil,dll ada dlm produk2nya..dipadu dgn rempah2 dr kkyaan ind ky cendana,kayumanis,temu2an dll..sista2 bs merasakan sensasi back to nature ini...semisal utk kasus muka bruntusan,jerawat,proses detox dsarankan mmki masker lumpur(lempung mask) yg ada dlm produk green mommy..utk pemesanan bs ke pin bb 52223A27

    ReplyDelete
  37. Kak mau tanya dong, kalau mau berhenti dari natasha terus beralih ke produk lain seperti RH,Dr.Artur atau produk merek lainnya,efektif ngk ya buat ngilangin iritasi dari efek stop natasha atau malah ada efek buruknya yah? Soalnya mau berhenti tapi masih takut-takut akan resiko kalau berhenti kak, tolong dijawab yah kak,terimakasih :)

    ReplyDelete
  38. Hay ka,, ka siang ini aq baru aja pulang dari natasha untuk pertama kalinya. Jadi begini ka. Aq baru pertama kali perawatan, sebelumnya sama sekali gk pernah, cz pori2q besar n jerawatan, nah Natasha lah tuujuan pertamaku tadi. Aq sekarang uda make' anti iritasi, memang seperti itu kn ya ka untuk awal pemakaian. Nah kenapa ya ka bekas fashiolnya gak ilang2_?, masih aja tetap merah2. Setelah aq baca blog kakak, aq jd takut untuk nglanjutin. Jd rencananya ini aq abiskan aja dulu cream2nya, setelah abis, aq berhenti perawatan natasha. Nah ka', apakah akan ada efeknya seperta kakak gt yg ampek beruntusan_?, dan apakah wajah aq tetap hasilnya bagus_?, meskipun hanya 1X perawatan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Heny, kalo untuk efek after facial...aku sendiri blom pernah ngalamin karena aku se-umur2 nggak pernah dan emang nggak mau facial. Kalo jerawatan aku cukup pake pasta baking soda aja di olesin di jerawat, sambil bawa tidur. paginya di bersihin.
      Pengalaman aku waktu pake natasha, awal2 pake krim iritasi justru kulit aku halus, kenyal n cerah bgt....makanya awal2 pake natasha seneng banget...justru keluhan baru terjadi setelah beberapa bulan dan aku harus sering ngelakuin aktifitas outdoor...ternyata kulit jadi super sensitif, mknya aku mulai curiga ada yg salah sama krim yang aku pakai n' mutusin untuk putus hubungan...hehehe
      Efek pasti ada dong...beberapa ada yg cuma bruntusan kyk aku, yang lain malah ada yg jerawatan besar2.
      Cara ngatasinnya yah musti di netralin...silahkan di baca di blog or comment dari pengalaman temen2 di sini. beberapa ada yang kasih masukkan cukup bagus kok.
      Maaf yahhh...aku balesnya lama bgt, abis udh lama nggak buka blog, mudah2an saat kamu baca comment aku...masalah kamu udah teratasi yah

      Delete
  39. Ka, tolong bantu aq yaaaa,, tolong blz ya ka,, makasih

    ReplyDelete
  40. allow kak rumpun ilalang..
    update lagi ya..(jgn bosen2)
    september 2014 lalu q beruntusan ya...yg q posting lalu..
    sekarang 23 Jan 2015
    kulitq bebas beruntusan normal kembali..
    ritual skincare q cuma :
    * pagi cumuk oatmel setelah itu semprot rose hydrosol (toner) pake carrot seed oil + sunblok burnout + bedak pressed mineral foundation dari honey bee garden (produk alami)
    * malam cleansing oil apricot + cumuk oatmel
    setelah itu xlo lagi males pake rosehip oil saja
    xlo lagi rajin pke serum vit c..
    smnggu 2x pke GOW salicylic acid 2% alcohol free (bha)
    trus setiap minggu q peeling pake kulit pisang setelah itu maskeran pake buah pisangnya...

    ayo kak, dicoba oatmelnya bener2 enak, kulit jadi halus, cerah, bekas jerawatpun cepat hilang..

    maknyus pokonya mah..heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak meysa beli rose hydrossol , carrot seed oil , produk honey nee garden ,cleansing oil apricot dimana ya ?
      Terus serim vit.c yg kaka pake merk nya apa ?
      Aku dr sma wajah ku bruntusan terus di pinggiran wajah tp kek kanan kiri dahi and rahang kanan kiri . Mau coba skin care kak mungkin bisa ngilangin bruntusan ku :D

      Delete
  41. Nyesel br nemu blog ini. Beli krim natasha 3 mg lalu, paraaah. Hari pertama kedua, cm pake anti iritasi bagus2 aja. Hari ketiga keempat, muncul jerawat gede2, dan di jidat bruntusan merah, hiks pdhal itu dulu kulit muka termulus. Lgsg stop krim pagi malem, pake anti iritasi lg, udh kempesan sih,, tp jerawat gede2 teteup ga mo ilang. Pas konsul ke dokter, nyolotin bgt, penjelasannya jg aneh,, emg sih ga ada embel2 'spkk' dinamanya, dr. doang,, dokter umum ya brarti? Dihh mo ngilangan jerawat malah dapet jerawat gede2,, hiks

    ReplyDelete
  42. Ini hari ke 3 aq setelah pertama kali perawatan k natasha. Serius ne muka kayak kilang minyak. Semua creamnya bikin muka malah kayak tambak minyak. Gak ada reaksi apa2 ampk sekarang. Bedanya sekarag mukaq bisa dipake goreng tempe m tahu aja. Heheehe. Bener2 buang2 duit ke natasha. Super nyesel bngt aq

    ReplyDelete
  43. Wah telat nih ketemu blognya, ktmu ini blog gegara browing mengenai cara pake masker nat*s*a. Saya sudah k nat*s*a n pk creamnya krg lbh 7-8 taon. Yg dulu sy rasain klo rajin treatment n pake cream2nya emang muka kinclong jerawat ga bakal singgah di muka tp klo cuma pk cream aja so so gt muka ga bakal kinclong at least jerawat ga ada, but now...eng ing eng...karena sma cream ud abiz dr 4 hari lalu mulai muncul lah jerawaat n muka jd kusem bingitz..
    Mohon bantuan dan pencerahannya donk gimana ya ngatasinnya mulai desperado nih..

    ReplyDelete
  44. Wah mba thanks for sharing. Saya beberapa kali denger ada kenalan yang pakai Natasha dan mau pindah. Serem juga siiih. Saya dulu sempet pakai Wardah juga, harganya iya terjangkau tapi kualitasnya lumayan oke. Tapi sekarang lagi pindah ke all organic, lebih mikirin gimana aman ke depannya. Jadi memutuskan untuk free harsh chemicals hehe. Cobain deh mba Lina :) Bisa didapat di sini: http://www.naauty.com. Setelah itu share pengalaman mba pake produk natural dan organiknya hehe

    ReplyDelete
  45. Tak kira cuma a aza yg ngalamin wajah ancur gara2 natasha,,,,,skrng a jg udh pke wardah dan al hasil wajahku perlahan2 udh mulai kmbli ke semula sblm pake natasha

    ReplyDelete
  46. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  47. Mba klo sy baru pake sebulan,,,tdi nua coba pake natasha untuk hilangin jerawat tpi ko malah tmbh banyak jerawatnya,,,,gimana nich mba klo sy langsung pake wardah bisa eg

    ReplyDelete
  48. Mba saya nanya
    Untuk sabun cuci muka saat muka lg hrwat berutusan apa ya ? Dan untuk menghilangkan jerawat beruntusan pake oil apa ?

    ReplyDelete
  49. Dear blogger, aku juga mau share tentang si "N" ini, pertama aku pake kelas 2 SMA, itu gara-gara di dahiku timbul jerawat kecil-kecil dan muka kusam banget. awalnya ikut-ikut temen aja sih akhirnya aku milih perawatan pakai si "N" ini. aku terhitung jarang melakukan treatment di skin carenya, lebih cenderung pakai krim2nya aja (facial wash, krim pagi, tirai, krim malam). dulu sempat berhenti dan pakai wardah white secret series, efek masa breakout itu sama banget dengan yang dialamin temen-temen di atas, kemudian mungkin karena masa breakout yang kurang lama, mukaku masih bruntusan, kusam, kering. waktu itu aku bertahan pakai minyak zaitun wardah tiap malem sebelum tidur untuk ngurangin efek kulit muka yang kering dan mengelupas. tapi karena akunya yang kurang sabar akhirnya aku balik lagi ke si evil "N". sampai terhitung 6 tahun aku make. sekarang aku bener-bener pengen berhenti dan udah 3 hari stop krim malam (karena menurutku yang paling berpengaruh) tapi masih pakai krim pagi 2 hari sekali, dan tirai setiap mau kegiatan outdoor. efek breakout yang baru 3 hari ini udah berasa banget, mukaku bruntusan, clekit-clekit gatel, apalagi kalau kepanasan langsung merah, gatel, gak nyaman banget pokoknya. ada advice yang bagus gak untuk perawatan sehari-hari biar efek ini gak terlalu menyiksa? thx before :)

    ReplyDelete
  50. Krim iritasi natasha itu dipakenya pas iritasi aja kan? Bukan rutin pagi/malam?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yupz...pas iritasi ajah, dan itupun kayaknya maximal pake 3 hari deh...CMIIW

      Delete
  51. Hai mbak ilalang, lagi browse soal natasha malah nyasar kesini. Hihihi... Aq parah bgt mlah, udh dr 2008 pake "Na**sha" hampir 6 th.Tapi stengah bulan ini mulai berhenti pelan2, dari krim2nya. Bukan karena niat sih,emang ga sempet ke klinik cz lg hamil gedeh plus punya batita. Skrg makin ga sempet, krn ada dua anak yg ga bs ditinggal. Aq masih pake sabun mukanya, tp udh beli hadalabo. Rencana stelah hbis mw pake HL, baca postingan ini brarti baiknya ada jeda dulu gitu ya? skin care lain aq pindah ke VIVA, murah dan halal. Awal2 mukaku kusem dan agak kering ngelupas, bruntusan jg. Skrg bruntusan masih, kadang jerawat kecil, tp aq pake Viva acne gel ampuh. Yg bingung bruntusan ngilanginnya gimna ya? ada stock EVOO bertolli di rumah, *biasa bwt masak sih* , itu kira2 bisa bwt bruntusan gak ya? trus makenya gimna? thx ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbakkk...maap baru cek comment.
      Iyah...bisa kok pake bertolli, saya juga pake buat OCM (oil cleansing method) bisa googling di internet caranya. Trus pake buat ganti night cream waktu awal2 bruntusan dulu.
      Sekarang sih berhubung udah nggak, jadi saya pake grapeseed oil sama VCO ajah buat perawatan and jaga2

      Delete
  52. hai kak aku mau share juga nih..dulu sempet pake krim dari skincare yang katanya bagus..awalnya sih emang kerasa putih tapi lamalama bruntusan di jidat sama di pipi kanan kiri deket telinga mana enggak ilangilang dan banyak banget akhirnya mutusin berhenti pake krimnya tapi sekarang jadi kusem gitu dan bekasnya masih ada ada rekomendasi ngak buat skincare atau Sp.KK yang bagus di Semarang atau solo ?gimana sama elia skin care ada yang udah nyoba belum kakaak

    ReplyDelete
  53. hai kak aku mau share juga nih..dulu sempet pake krim dari skincare yang katanya bagus..awalnya sih emang kerasa putih tapi lamalama bruntusan di jidat sama di pipi kanan kiri deket telinga mana enggak ilangilang dan banyak banget akhirnya mutusin berhenti pake krimnya tapi sekarang jadi kusem gitu dan bekasnya masih ada ada rekomendasi ngak buat skincare atau Sp.KK yang bagus di Semarang atau solo ?gimana sama elia skin care ada yang udah nyoba belum kakaak

    ReplyDelete
  54. Hai sistah semua..aku jg punya kasus yg sama kaya kalian,awalnya aku ke erha skin care bertahan cukup lama krg lbh 3th.lama2 creamnya kebal sama kulitku akhirnya aku stop dan beralih ke garnier.stelah itu aku ditawarin cream HN dan ternyta 1bln pkai g cck dikulitku akhirnya aku stop.dan skrg lg cba untuk ke natural yg alami aj kaya maskeran pke oatmeal,madu,jeruk nipis.kasus kukitku sama kaya xan jerawat,berminyak,bruntus,noda bekas jerawat. Mau tanya dong baiknya memakai produk ap y yg alami?ad yg udh coba masker dan lulur wajah nature organic blm?efeknya baik g dan aman g?untuk mba meysha krg lbh pakai oerawatan oil dll abis brpa?mohon dibalas y.trimakasih,maaf kepanjangan,hehe

    ReplyDelete
  55. saya pakai product natsha dr tahun 2007. berawal dr saran temen yg melihat muka saya hancur krn terbakar matahari. sy bekerja di tambang batu bara. selain terpapar sinar matahari, setiap hari muka jg terpapar debu batu bara. ini yg bikin muka jd hancur. atas saran tsb sy mrncoba product natasha. sampai th 2013 saya memutuuskan untuk berhenti. karena saya merasa udah kecanduan pake product ini. klo ga dipakai sehari aja muka jd brutusan & gatal.
    awal berhenti pake product ini saya sempat ga pede lihat wajah sy yg hancur. muka bersisik kayak ular. tp sy bertahan karena memang udah niat banget bwt stop pake produk ini. selama 6 bulan saya ga pake apa apa kecuali madu yg dijadikan buat masker 2 hari sekali. setelah iti saya pake minyak dr kapsul nature e yg saya olesin ke wajah sebelum tidur. sekatang alhamdulillah kulit saya mulai membaik. satu satunya product kosmetik saat ini yg cocok sm muka saya cm wardah yg biasa. Saya pernah mencoba beberapa prodct kosmetik whitening & anti aging yg umum beredar di pasaran, tp membuat muka saya jd brutusan lagi. Jd sekarang sy bener bener stop dg krim anti aging & whitening. Bersyukur banget efek dr product natasha bisa teratasi. Thanks buat semua yg udah share disini. Semakin meyakin kan saya untuk tidak tergoda lagi dengan product natasha.

    ReplyDelete
  56. Malam sis...alhamdulilah ternyata saya tdk sendirian y...mksdnya yang sama maslahnya sama dengan saya banyak..saya jg dulu di natasha sekitar 5 thn..kmd pindah ke klinik lain j***** udah sekitar 3 thn. Awalnya bagus tapi sekarang muka saya kayak orangbkena alergi.bruntusan.kata mbnya yg terapis waktu facila itu minyak..jadi dipencet lah m dia ..dan malah makin banyak bruntusannya... saya ada niat mau ganti ke sk ii fte. Itu bagus g sis..mksd saya gimana cara ngelepas krim dokter ini..padahal baru saya tebus kemaren.. dan saya aga takut masalah purging apalagi saya udah 8 thn nan pke krim dokter.. pgn lepas sih tapi bingung pke apa yg cocok buat saya...menurut sis saya harus pake produk apa dulu nih buat ngilangin yg bruntusan ini. Gatel sih nggak tapi klo dipegang pipi iji kayak parut :(.. tlgin sya dong sis...mksh

    ReplyDelete
  57. Hai aku vee.. aku mau share pngalaman ak pakai cream dr natasha skin care.. aku pakai natasha kurang lebih 6 bulan, awal pakai langsung bagus dn wajah jadi cerah juga halus tapi jd banyak komedo.. dlu ak rajin pkai cream stiap hari, tp lama kelamaan aku tdk pakai stiap hari, dua hr sekali atau 3 hr sekali tapi wajah jadi gatal2 dan ada bintik2 merah seperti calon jerawat stiap kali gapakai cream.. akhirny aku sadar kalau cream itu bkin ketergantungan, ak jg konsultasi dngn dokter kulit yg merupakan ex dokter natasha skin care dan dia blg cream dr natasha itu bahaya bs buat ketergantungan karena dosis yg dimasukan k dlm cream natasha itu berlebihan drpd yg sharusnya shingga pakai cream itu 1mg sajah suda bagus..
    Akhirny ak putusin brenti pake natasha, tp trnyata muka aku jadi gatal2 merah2 perih dan timbul calon2 jerawat , muka ku jg jadi kusam tidak secerah biasanya.. sedih bngt pdhal muka ku sblm pakai natasha ga jrawatan dn uda 2mg belom sembuh.. kta kbnykan org ini adalah konsekuensi berenti dr produk natasha.. huhuuu aku nyesel bngt pake produk natasha, aku sih sarankan berhenti, tapi kalau sudha merasa cocok sm natasha yah gpp dipakai juga tapi jgn pakai cream ny tiap hari , harus ada jarak nya biar muka jg istirahat :):)

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank u for share and care di sini yah Vee...:)

      Delete
  58. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  59. mohon sarannya ya mbak, saya sudah 6 bulan mengguakan natasha saya ingin berhenti total, karena seperti yang mbak bilang tadi perawatan di sana cukup mengeluarkan bnyak biaya..saya bingung mbak harus gimana awal berhentinya dan gimana step-step yang aman untuk dilakukan?sementara krim" saya masih dapat dikatakan masih banyak dan saya merasa sayang banget kalo krimnya dibuang kan lumayan mahal... mohon bantuannya ya mbak, makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mbak...kalo masih sayang, nggak papa di habiskan aja dulu. Setelah itu kalo emang mbak niat untuk berhenti...harus siap mental untuk netralin.
      Saya juga sama kok mbak, waktu mau berhenti stock krim saya masih banyak, tapi kondisi kulit dan persaan nggak aman pake krim itu bikin saya bertekad kuat buat berhenti...dan walhasil satu set perwatan krim itu iya nggak kepake sama sekali dan ujung2nya berakhir di tong sampah.

      Delete
  60. Ikut share ya ka lina :)
    Masalah mukaku itu kusam karna pas mudik kmrin ditol cileunyi puanasnya pol banget. Banyak jerawat lg. Pas masuk kantor, rekan2 uga bilang kl aku banyak jerawat n iteman.whaatt !! Dimeja kerja aku juga aku sering pajang cermin kecil ngaca dikit2 itu hehehe pas aku ngaca, ini lampunya yg redup apa gimana sih. Eh ga taunya emg muka aku kusam dan iteman. Sudahlah ga ush diulang lagi itemannya :') . Nah pas hr minggu kemarin tepatnya tgl 23juli15 ku beraniin dteng ke natasha yg di mall taman anggrek stelah sblumnya aku cari2 tau ttg natasha. Disitu aku ngantri dr jam 3sore slsai jam stengah 10 malem #ngenes. Aku regristasi dan aku blm pernah perawatan muka sama skali. Otomatis aku ga tau menau soal tata cara/harga2/ketentuan2/giman2nya di natasha. Aku iya2 aja. Tau2 total Rp 1jt5rb #agetatiebi ka !! :'( . Sharusnya mereka menjelaskan scara detil. Tp ini malah ga.mana ngomongnya cepet banget lagi. Aku cm mau facial muka. Tp krna pgwainya ngmongnya cepet trus aku iya2 aja karna aku ga ngerti jg, ga taunya ada biaya facial leher dan sinar infra red yg sbnernya ga perlu, mehong pula itu harganya. Kl ditotal 2 perawatan itu aja audh Rp 430rb. Kan lumayan bangt jd mubazir. Yasudahlah, beras sudah menjadi ketupant kaka, mau dikata apalagi. Facial mukanya sih asik ya, komedo semua diabisin sama mba2nya. Tp ya itulah beauty is pain, painnya smpe ke hati.. pas kelar jam stengah 10 aku dikasih krim2nya ada krim pagi&malam, facialswash, skintoner.ada lagi krim iritasi. Nah ini udh 6hari aku pake tp efeknya sama aja ky wktu abis facial. Ga ada efek yg sesuatu gitu. Bekas2 jerawat yg item2/merah tu tetep masih ada :( yg Malah baru hari ini aja aku ga pake(lagi sakit, boro2 perawatan muka). Eh malah ada jerawat kecil gitu dijidat. Menurut kaka, aku harus gimana ya. Kl dr harga ya ngenes jg, apa aku habisin dlu krimnya atau gimana ya?? Soalnya aku khawatir jg kl baca dr dampaknya sista2 semua nii..

    ReplyDelete
  61. Mbak Dian Afriani : Klo baru 6hari emang belum kelihatan mbak hasilnya, 1bulan baru kelihatan. km abisin dulu aja cream2nya mbak. waktu dulu aq pake natasha juga baru kelihatan hasilnya pas minggu ke 3. lah pas uda 1 bulan kelihatan banget kenclongnya. abis 1 bulan perawatan di natasha, aq gak berani lanjutin lg. takut kandungannya yg dosisnya terlalu tinggi itu.

    ReplyDelete
  62. pagi mba ..
    mau minta solusi juga nih mba, saya menggunakan natsha skin care juga kalo pas lepas 2 hari ga make krim nya efek dimuka pada bruntusan , kering n kasar . akhir2 ini mau pindah aja ke wardah lebih efisien juga dikantong. lalu buat lepas dari krim natasha gimana ya mba? biar ga bruntusn juga

    ReplyDelete
  63. Hello mba.. haduh2 saya baca cerita2 diatas serem bgt kl pakai produk N ya, permasalahan mba sm seperti yg sy rasakan skrg.. pdhl baru make 1 minggu, tp muka koq jd bruntusan jerawat kecil trus gatel clekit2.. sayang bgt sebenernya mau dibuang krn mahal binggo.. dan baru 1 minggu dipakainya. Tp kl cream mata ttp diteruskan gpp kan mba?

    ReplyDelete
  64. Hello mba.. haduh2 saya baca cerita2 diatas serem bgt kl pakai produk N ya, permasalahan mba sm seperti yg sy rasakan skrg.. pdhl baru make 1 minggu, tp muka koq jd bruntusan jerawat kecil trus gatel clekit2.. sayang bgt sebenernya mau dibuang krn mahal binggo.. dan baru 1 minggu dipakainya. Tp kl cream mata ttp diteruskan gpp kan mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mbak ayudya, sama bgt ceritamu sama ceritaku
      sekitar 2 mingguan lalu aku pake natasha, pemakaian gak konsisten dikit aja langsung bikin mukaku yang dulunya gaada masalah jerawat jadi bruntusan
      yaampun panik sepanik2nya deh...
      sekarang aku bener2 stop produk natasha, terlalu reaktif di kulit dan banyak yg bilang kandungannya juga macem2
      skrg lagi rutinin maskeran sama ampas teh yg didiemin semaleman buat hilangin bruntusannya. huh ga tau harus apa lagi selain maskeran bahan2 alami dulu buat netralin kulit.
      tetep sabar & semangat juga yah

      Delete
  65. Aku udah berhasil lepas dari Natasha 2 mingguan,,awalnya bruntusan gatel dan merah. Kalo aku selama bruntusan tiap pagi aku cuci muka pake air cucian beras. Bruntusannya berkurang. Tapi muka gak kenyal lagi, gapapa deh asal aman. Sekarang pake facialwashnya wardah, dan bedak tabur aja. Sementara biar muka bebas dari cream2 dulu..kayanya kedepan mau pake wardah aja :D

    ReplyDelete
  66. Mba, cara menghilangkan bekas bruntusannya gmna ya? Soalnya saya uda 3 mnggu berhenti produk itu. Awalnya bruntusan parah, gatel, perih. Skrg sudah mendingan cuma ada bekas2 bruntusannya menjadi hitam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Scrubbing rutin aja seminggu 2 kali pake campuran VCO/zaitun plus kopi bubuk.
      Trus bisa maskeran pake perasan jeruk lemon.
      Pelan2 lama2 ilang kok. Asal sabar.

      Delete
  67. Hallooo... salam kenal ya aku Faza dr Tangerang. aku punya pengalaman yg hampir sama kayak kamu. aku udah lama pake Natasha sekitar 3 tahun... akhir2 ini kalau aku gak pake krim malam pasti bruntusan yg gatel banget gituuu... akhirnya aku konsul dan minta ganti krim. setelah seminggu ini aku mau coba lepas krim malam, kalau gak beruntusan aku mau coba bener2 stop pake natasha... soalnya aku jadi males pake natasha lagi gara2 beruntusan gatel2 gitu klo gak pake krim malam. sereeeem bgttt... biasanya gak gitu loh. aku sebelum kejadian ini sering bgt bolong2 pake krim malam nya tapi baik2 aja tuh... skrg PR bgt nih cari skin care lain yg cocok buat aku.... huhuhu.... aku cuma sharing aja sih, aku jg masih mau liat hasilnya setelah pake krim malam yg baru. ada masukan atau saran buat aku gak? Thanks ya

    ReplyDelete
  68. hay mba mau nanya.. kalo mau pake produk wardah yang penetralan itu berapa lama dan bagaimana kondisi wajah saat penetralan ?? kusam atau gimana ?? soalnya saya sering di outdoor sedangkan waktu memakai wardah penetralan tidak dianjurkan memakai bedak ??
    makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo saya berdasarkan pengalaman saya aja ya mbak...saya nggak pernah pake produk wardah yg untuk netralin.
      Klo untuk penetralan...saya yah bener2 istirahatin kulit. Cuma pake sabun bayi...natural oil as moisturizer trus sunscreen klo mo keluar rumah.

      Delete
  69. malam mba... saya juga punya pengalaman yg sama nih, sudah 3 bulan coba pakai Natasha karena sudah putus asa muka jerawatan karena efek Kontrasepi suntik KB, muka setelah perawatan si bagus, terus sy pakai krimnya tapi tidak ada perubahan signifikan, emang kulit jd lebih halus, komedo juga tidak ada lagi, tapi jerawat sekitar pipi dan diatas alis kok hilang yg 1 muncul lagi yg 1 udah gitu meradang yg bernanah gitu,, padahal dulu gak pernah kayak gitu, sy coba tetap mencoba pemakaian karena mungkin penyembuhannya butuh proses, pada akhirnya sy banyak nemu keluhan kalau berhenti memakai, sy coba goggling, wahh keluhannya sama, wajah jadi bruntusan, muncul bakal2 jerawat2 kecil, kusam, saya lalu mencoba berhenti, saya hanya maskeran putih telur, tomat, alpukat, lidah buaya, bawang putih dan yg alami2 hasil googling. sampai 4 hari pemberhentian mash aman, masuk hari ke 5, muncul nyut2tan diwajah terus ada jeawat nanah besar gitu, ini hari ke 6 malah bruntusan parah, wajahku jadinya kasar, muncul bakal jerawat kecil2 diseluruh wajah, sekarang masih hanya pakai masker putih telur saja, saya mau tanya mba, washnya pakai switsal selama pengobatan ya? rasanya kok setelah muka sabunan pakai switsal malah kayak lengket gitu y mba? kalau gaka ada minyak zaitun pakainya apa y mba? di daerah sy gak ada yg jual yg merk brotolli maklum kota kecil di NTB saya, adanya minyak zaitun biasa mustikaratu yg kandungan olivenya hanya sedikit. mbak gak pakai ragam perawatan untuk jerawatnya wardah mb?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minyak zaitun merk apa aja bisa kok mbak. Bisa coba beli online klo susah. Usahakan yg coldpress.
      Atau klo mau simple pake VCO aja mbak untuk gantinya. Kyknya klo VCO gampang di dapet or bisa bikin sendiri tp rada ribet sihhh.
      Saya nggak pake wardah yg jerawat...krn alhamdulillah pada dasarnya kulit saya klo nggak di pakein yg aneh2 jarang jerawatan.
      Klo pun jerawatan...rutin pake minyak2an kyk grapeseed oil or VCO lama2 ilang sendiri.
      Saya pake cussons, tp switsal juga bagus kok. Lengket itu krn mbak udah terbiasa pake sabun muka yg nengandung detergent...bikin kesat di wajah, awal2 kulit kliatan keset dan kering...lama2 minyakkan lg.
      Sabun bayu lebih ringan...mengandung detergent tp dikit. Telatenin aja mbak. Usahakan jgn terlalu sering cuci muka pake sabun.
      Saya paling sehari 2 kali...pas mandi sama sebelum tidur. Malah klo lg nggak make up...saya cuci mukanya cuma pake air biasa.

      Delete
  70. Cb aja pakai jasaeng. Itu bagus bnget bwt ngilangin racun gara2 produk abal2 dri klinik2 kecantikan. Ini jg berdasarkn penglaman pribadi aku yg break dri perawatn klinik kecntikan. Kulit aku dlu tipeny normal to combination (t zone berminyak) tp alhmdulillh sekarang udh mulai kembali normal lgi

    ReplyDelete
  71. hallo mbak salam kenal ^^
    kalau Grapeseed oil ini bisa gak ya di jadiin pelembab siang hari ? karena setau saya baca Grapeseed oil ini bisa dijadiin pengganti sunblock hehe
    thanks for reply ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mbak. Saya selalu pake abis mandi sebelum pake pelembab and alat tempur make up lainnya.
      Ktnya memang bisa buat sunblock..tp saya sih tetep pake sunscreen lg klo mau keluar rumah. Biar lebih yakin aja...hehehe

      Delete
  72. Halo mb salam kenal trnyata bukan aku doang ya yg ngalamin muka bermasalah akibat lepas dr natasha.aku dlu skitar 6 bulanan pkek natasha.bernti dr natasha lgsg gatel,bruntusan dan kluar jerawat gede2 bernanah.smpe skrg pun blm smbuh pula...pdhl dl sm skali g prnh brmsalah sm jrwt yg smpe kaya gnil..udah nyoba k dokter spesialis juga...sdkit berkurang tp ttep jrwt di dahi ampe skrg blm smbuh juga.duhh

    ReplyDelete
  73. Ini aku mw coba ke klinik cantik surabaya yg di jl.baratajaya buat mslh jrwtku ini...ada yang prnh dger ato coba gak.katanya bagus.share dong...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh jgn MBA tetangga sy lepas Dari klinik cantik jg mukanya hancur sm aja deh kyx semua klinik itu, sy jg baru coba lepas Dari nathasa stlh 8 th pake, muka jg bruntusan n merah tp sy cm pake sebamed u cuci muka n bertoli m zaitun evoo saat malam hari, alhamdullilah gak sampe 7 Hari kulit membaik hehehe secara umur udah 43 jd udah ga ada stock jerawatnya Kali ya.

      Delete
  74. Wah comentnya panjang" bgt nih... Aku ikutan coment boleh kan?! Hehee
    Emang bener tuh agak susah berhenti dari krim natasha... Muka aku jg sekarang malah bruntusan ga jelas.. Dihidung dan pipi.. Dipipi kaya tumbuh jerawat kecil dan bekas jerawat pula ga ilang ilang.. Udah gitu urat nadi yg dipipi makin keliatan jelas bgt gara gara penggunaan krim itu.. Dan katanya emg kalo natasha kelemahannya ya gtu urat dipipi emg lama lama keliatan.. Dan soal krim natasha yg mengandung steroid itu emg benar kok mba lina.. Udah pernah ada beritanya di liputan 6 sctv.. Bahwa krim natasha withening krim 2 dan natasha withening ekstra positif mengandung steroid.. Tp usut punya usut katanya krim itu sudah ditarik jg dari peredaran..

    ReplyDelete
  75. Ceritanya guwe bagt ya...kondisi skrg sy lg hamil, dan mmg sblm hamil jg sya udah ga peka n******* lagi, skrg sy mu Tanya
    1. Pengganti day cream nya ap?
    2. Facial Washnya?
    3.pengganti night creamy?
    4. Kalo lg bruntusan kering2 gt cara ngilanginnya gmn ya,, solanya ganggu bgt pdahal udah Di coba pk olive oil, baby soap zwitsal, ma teh hijau
    Mohon infonya yaaaaaaa mb rumput ilalang
    Tq

    ReplyDelete
  76. Oiya mb Kalo mu beli rosehip seed oil dimana ya?

    ReplyDelete
  77. senasib kita mbaa..
    lebih sensitif dari sebelum make ya mba?
    lebih kusam juga.
    aku sampe berbulan-bulan harus sabar dibilang tambah item, kusam, jelek.
    aargh..
    bodo amat deh gak pake apa-apa.. saking ga tahannya nih muka kalo kena matahari langsung panas, gatal, ngeri banget rasanya..
    sekarang pake yang netral-netral aja kaya loreal.
    ke natsha kalo cuma mau facial aja. huhhh.. bete

    ReplyDelete
  78. Ni dah rame bingit yg punya blog kemana yahhh.... Heehee ga muncul muncul.....

    ReplyDelete
  79. Hi kaa ,akupun korban Natasha ,tadinya pas diaawal aku puas bgt liat,muka kalo abis bangun tidur waktu pakai natasha tapi setelah hampir 6 bln mulai keliatan bruntus,merah dan malah jadi jerawatan karena awalnya sabun seri gold natasha yg aq pake lagi sold out ,krn aku ga tahan liat mukaku jdi parah aku lgsg ganti skincare recomended temen namanya wijaya skincare,trs kulitku malah jadi kering dan perih ,akhirnya aku stop dan gak lama ganti lagi ke dokter kulit spesialis tapi sampe skrg kulitku kok jadi makin parah aku sedih liat wajahku yg mulus malah jadi parah,aku bingung krn kako sabun muka aku pake sabun baby malahan gak bisa aku udah coba pake sabun zwitsal ,aku udah depresi bgt gegara mukaku begini jadi gak pede mau aktifitas ke kantor dan kemana2 ,beli green tea itu merknya apa ya ?
    Trs baking soda yg merk apa ?
    Sama aku harus cuci muka pake sabun apa lagi ya mbak ? Tolong dong infoin aku butuh recomended bangeet 😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kl sy ilangin efek bruntusan lepas Dari nathasa cuma pake sebamed cleansing bar u cuci muka trus kl mau tidur muka d olesin m zaitun merk bertoli evoo , 3 Hari gak keluar rumah krn muka msh merah, bruntusan, bengkak, panas n gatal tp gak sampe seminggu muka mulai bersih lg, tp reaksi kulit masing2 org beda loh ya. Mudah2an cocok.

      Delete
  80. Hay guys, semua yg d critain d atas lag saya alami ini, saya kira muka saya lagi alergi aer eh trnyata karma natasa, sya udh hampir 3 taun pake natasa awalnya emng bhus bngt muka ampe licin dan sekarang karna saya g ple hampir 2 minguan muka saya menyedihkan bruntus, bentol" apalagi kalo lagi ken keringet padah muka saya tipe muka normal yg kalo pke apa" g penah ada masalah. Apalagi muka saya jarang ada jeraeat dr keci paling satu dua paa haid doank,, sekarang muka saya memerah gatel bentol" kyk kna alergi.

    ReplyDelete
  81. Beralih ke JAFRA skincare yg aman yuuk dear, tanpa merah atau mengelupas.
    Bisa cek IG sy yah @leily_rily
    thx dear..
    *maaf numpang info

    ReplyDelete
  82. Hadeeh..aku baru pake 3 hari ini si natasha nya. Sumpah ngeri gila baca komen dr tahun 2014nya sampe yg skrg. Ada saran ga ya?pengen ngilangin bekas jerawat sih niatnya, tp kalo jd ky gitu endingnya ngeri amat yakkk😭😭

    Bismillah mo lepas aja deh kalo gini critanya :(

    ReplyDelete
  83. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  84. Gw pake natasha baru 1minggu dan belum lepas dr cream nya tapi tiba2 di pagi hari pas ngaca muka bruntusan merah2 dan gatel.. gw pikir alergi makanan tp kok cuman dimuka aja.. hiks.. lalu gw putusan sementara gak pake cream2 nya tapi muka masih gatel gak karu2an.. gmn cara ngobatin nya yaa hiks

    ReplyDelete
  85. Hmm.. akhir nya aku ke dokter kulit dan taraa hari 1 merah2 dan perih hilang hari ke 2 bengkak hilang hari ke 3 tinggal finishing touch..kapok pake kosmetik aneh2 langsung aja ke dokter kulit guys ;)

    ReplyDelete
  86. Kak aku baru 3 hari ini pakai Wardah nc nih, kok keluar bruntus kecil kecil gitu, bahaya nggak ya kak kira kira? Apa wajah aku yang nggak cocok sama Wardah nc nya? Takut aja sih kalau nanti malah jadi jerawat

    ReplyDelete
  87. ak juga mau berbagi pengalaman ni, ak juga dulunya pake natasha dr 2009 sampe 2015, dan mulai berhenti di bulan desember. alasan ak berhenti di natasha karna muka aku lama-lama makin tipis,truss muncul garis-garis gitu gak tau itu apa namanya,..awalnya ak berhenti bertahap,..karena kalo langsung total berhenti bakal timbul jerawat yang parah banget. alasan ak berhenti juga karena takut lama-lama pake krem,kita kan gk tau kandungan dari krem tersebut,..karena sodara pernah pengalaman juga berhenti total pake natasha karena dya hamil,..muka langsung berubah jadi item truss muncul jrawat.alasan itu juga yg buat aku bertekad untuk berhenti dari natasha. alhamdulilah sekarang sudah dalam proses pemulihan. saat ini ak pake nanospray MCI itu alami banget karena cuma pake air yang mengandung O2 dan dibantu dengan alat yang namanya nanospray,..itu juga ak direkomendasiin sama sodara aku juga.
    Untuk kalian yang mau konsultasi tentang nanospray bisa ke 5ae2fc8f.

    ReplyDelete
  88. ak juga mau berbagi pengalaman ni, ak juga dulunya pake natasha dr 2009 sampe 2015, dan mulai berhenti di bulan desember. alasan ak berhenti di natasha karna muka aku lama-lama makin tipis,truss muncul garis-garis gitu gak tau itu apa namanya,..awalnya ak berhenti bertahap,..karena kalo langsung total berhenti bakal timbul jerawat yang parah banget. alasan ak berhenti juga karena takut lama-lama pake krem,kita kan gk tau kandungan dari krem tersebut,..karena sodara pernah pengalaman juga berhenti total pake natasha karena dya hamil,..muka langsung berubah jadi item truss muncul jrawat.alasan itu juga yg buat aku bertekad untuk berhenti dari natasha. alhamdulilah sekarang sudah dalam proses pemulihan. saat ini ak pake nanospray MCI itu alami banget karena cuma pake air yang mengandung O2 dan dibantu dengan alat yang namanya nanospray,..itu juga ak direkomendasiin sama sodara aku juga.
    Untuk kalian yang mau konsultasi tentang nanospray bisa ke 5ae2fc8f.

    ReplyDelete
  89. Muka aku sekarang juga lagi bruntusan dan gatal2. Sebelumnya aku pake cream dokter dan itu bagus banget cuma lama2 cape bolak baliknya soalnya kejauhan dan setelah hampir 1 tahun make cream dokter akhirnya nyoba lepas dan aku coba bl*ss awalnya muka jadi bentol dan gatel2 padahal udah beli 1 paket hampir 800rban ttp gak cocok dan akhirnya nyoba produk bodyshop utk fashialwash pake tea trea dan toner pake aloe vera dan beli juga sekitar 1jutaan lebih (sama bedak dll sih hehe) awalnya cocok tapi setelah nyoba sekitar 2 mingguan mulai gatel2 dan bentol2 lagi T_T akhirnya barusan nemu artikel ini soal grapeseed oil dan langsung cus ke hypermart gajahmada dan langsung coba, mudah2an berhasil, cuma masih bingung utk cuci mukanya pakai apa ya? Mohon infonya ya .. makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ke dokter kulit aja sai..��kapok pake produk aneh2 :(

      Delete
  90. Hai...aku baru banget td siang berobat di "N" mana abis 600 ribu....muka aku sih gpp slama ini pakai sabun pepaya sama pelembab and krim spesial sama bedak touch up dr max factor...cuma ada sel kulit mati di pipi yg bikin gak enak padahal cuma dikit... aku juga gak ada jerawat...trs aku harus gimana dong ���� kan sayang bgt baru td siang beli masa di buang....bantu jwb yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Vitri aku juga kok baru seminggu pake produk langsung merah en bengkak2 pake produk itu.. sampe mau mau aktivitas hiks.. akhir nya aku ke dokter kulit aja dan skrg udah normal lg mukaku 😊

      Delete
  91. Hai...aku baru banget td siang berobat di "N" mana abis 600 ribu....muka aku sih gpp slama ini pakai sabun pepaya sama pelembab and krim spesial sama bedak touch up dr max factor...cuma ada sel kulit mati di pipi yg bikin gak enak padahal cuma dikit... aku juga gak ada jerawat...trs aku harus gimana dong ���� kan sayang bgt baru td siang beli masa di buang....bantu jwb yah

    ReplyDelete
  92. Kak halo salam kenal,aku Yesi nih kak, udah 4 bulanan pake natasha..
    Nah ini mau berhenti, udah nggak pake seminggu dan muka bruntusan gitu.. Kak ada tips atau ada contact person biar gampang kalo misal mau nanya-nanya gitu?

    ReplyDelete
  93. Kak.... Kenapa efek produk natasha begitu besar ya.. Padahalkan produk natasha banyak mendapat penghargaan,
    Aku sih nggak pake natasha, temanku yang pakai.. Ngeri baca postingan n commnmentnya.. Jadi gk pengin pakai produk natasha deh..
    Kalau produk afro skin care bagaimana mbak?
    Oh yaa.. Natasha itu kan ada BPomnya kan?

    ReplyDelete
  94. Hahahaha ada ada aja artikel ini kondisi face setiap orang berbeda beda jgn menyalahkan prodak nya ini buruk itu bagus syukuri aja apa yang ada.

    ReplyDelete
  95. Hahahaha ada ada aja artikel ini kondisi face setiap orang berbeda beda jgn menyalahkan prodak nya ini buruk itu bagus syukuri aja apa yang ada.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba..awal nya gw mikir gitu juga tapi pas ngalamin sendiri jadi percaya sama komen orang2.. sayang bgt 800 rb kebuang sia2 :(

      Delete
  96. Kalau mau pakai produk dari NU SKIN.. Coba aja psti tau hslnya mba2..harga menentukan kualitas produk pastinya..

    ReplyDelete
  97. Amoorea alami dan aman 100%
    Back to nature with amoorea
    More info hubungi no hp/WA 081999953720

    ReplyDelete
  98. Beralih ke yg aman ajah dear... produk2 MSI terjamin kualitas n keamanannya krn mengandung bhn alami.. yg mau info add 7C9B7A74 murah tp ga murahan sdh bnyk yg membuktikan

    ReplyDelete
  99. Salam kenal semua...��
    Saya sekedar menginfokan produk berkualitas dan sudah terbukti dgn banyak real testi dari para user amoorea. Amoorea alami dan aman 100% terbuat dari lumpur hitam heilmoor clay di austria. Dgn kandungan bahan2 organic yg sudah mengendap di dlm lumpur tersebut selama krg lbh 3000-an tahun membuatnya sangat berkhasiat mengatasi berbagaia masalah kulit ex: Jerawat, flek hitam, kulit kusam, berminyak komedo bahkan alergi dan bekas jerawat juga bopeng2 di kulit bisa diatasi oleh amoorea. Selain itu masib banyak lagi manfaat2nya yg bisa dirasakan lgsg dr ujung rambut sampai ujung kaki.
    Amoorea alami tidak bekerja secara instant tapi berproses dgn sistem detoksifikasi/pembersihan kulit dari racun dan toksin2 kimia berbahaya d dlm kulit.
    Amoorea sangat aman untuk digunakan oleh semua kalangan dan segala usia dari balita sanpai yg lansia. Bahkan bumil dan busui pun jg aman menggunakannya karena bahannya 100% alami dan sudah teruji secara klinis dgn teknologi super nano.��
    More info hubungi no hp/WA 081999953720
    Fb: Iera Amoorea

    ReplyDelete
  100. Untung kenal sama NANOSPRAY... jadi gak beli cream yg aneh2 & gak jelas komposisinya. Nyari yg aman & alami.
    Yang kepingin tau banyak tetang Nanospray, bisa chit chat di sini ya
    Wa 085607698000
    Bbm 5277A833
    Fb : Nia Widiastuti

    ReplyDelete
  101. Komen2 di awal bagus2... tp makin ke bawah kok makin byk promo. Yang promo2 ni pada ga tau etika... mbok ya promo di blog sendiri gituuu jgn nyepam di artikel org -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beneran deh... mengambil kesempatan dalam ksempitan/penderitaan org lain... comment2 yg isinya jualan itu ngga bisa diblock/di delete gt yah?

      Delete
  102. Dear Mba Rumput Ilalang, aku sih belum pernah ikut perawatan skincare apapun itu namanya, soalnya sebelum mencoba dah parno duluan ma testimoni temen2 yg dah ikut trus mau berhenti. Akhirnya aku kembali ke yg alami2 aja, dulu wajah ku jg banyak bruntus2nya. Mba tau g obatnya sangat sederhana dan murah meriah = LEMON , aku pakai masker lemon tiap malam ( air lemon aku jadikan toner, tanpa di bilas ) di pakai sebelum tidur, dan hasilnya jeng...jeng..jeng tidak kalah dgn yg ikut perawatan ( walaupun tidak semulus, seputih dan seflawless yg ikut perawatan ) tp lumayan wajah jd cerah, warna kulit merata / tdk belang2. Aku sudah 3 th melakukan hal ini, dan tidak ada efek sampingnya itu yg paling penting.

    ReplyDelete
  103. kalau kulit mb termasuk yg sensitif, bisa di tambah madu sebagai pelembab

    ReplyDelete
  104. Kak beralih k kosmetik natural Aquila deh..bhannya alami banget dan tanpa pengawet paraben tanoa pewarna tanpa parfum sama tanpa bahan kimia berbahaya..aman bt bumil sm busui..
    Visit web nya deh di www.aquila-herb.com

    ReplyDelete
  105. Ikut kasi solusi sesama mantan pemakai produk natasha.....klo q pas uda gak pake natasha q sempet beralih ke LBC 2thn q diLbC tapi krn q ngrasa gak ada prabuhan juga n berat di ongkos akhirnya q mutuain untuk berhenti skitar 6bln bralih ke theraskin awal pake gak ada efek apa2 q browsing sana sini katanya emang efek teraskin baru krasa klo sdh pemakaian skitar 3bln akhirnya q tunggu sampai 3bln berlalu ternyata mukaku tetep aja kusem n gak ada berauih2nya sampai akhirnya q terusin sampai 8bln pemakaian tapi krn masi gtu2 aja akhirnya q putusin untuk brrenti kmudian q dpt info dari tmenku tentang profuk JAFRA krn katanya jafra herbal makanya q brani langsung coba, awalnya q difacial ama temenku pake produk jafra krn jenis kulitku berminyak jadi q disaranin untuk pake cleanser mattyfaying stelah itu q disrub terus lanjut dimasker pake masker malibu wkt pake masker q kaget bgt abis maskernya klo dipakai rasanya anget dimuka jadi brasa sperti lagi facial diklinik2 kecantikan stelah slesai dimadker q cuci muka pake air anget dan gak nyangka aja waktu slesai cuci muka q ngaca dan....ternyata kulit kusamku langsung berubah jadi lebih cerah dan kulit kerasa kenyal mana alus lagi akirnya q mutusin bralih ke JAFRA awal beli produknya si emang krasa mahal....tapi stelah tau klo kmasannya gede2 n produknya uda skaligus bikin muka seperti difacial rutin akhirnya q pikir2 ekonomis juga ni produk dan lagi produk ini sangatlah aman krn dari herbal trus lagi klo qt mw dpt produknya secara gratis juga bisa qt tinggal ikut join bisnisnya..waktu itu q ngrasa bersyukur akhirnya pencarianku slama ini untuk dapetin produk yg bagus tapi gak berat di ongkos dpt juga seneng rasanya klo kalian yg pengen tanya2 tentang produk JAFRA bisa ke q aja ini pin bbq 7cd85bd4

    ReplyDelete
  106. Ikutan comment untuk yg pernah memakai kosmetik natasha skin care, saya pakai natasha sejak tahun 2003, waktu itu natasha baru ad 1 aj d jln. Solo sebelah bank danamon depan restoran lombok ijo, sekarang cabang dah seluruh indonesia ada, saya melepaskan diri dari natasha tahun 2012 ,dah 9th saya aktif pk natasha, awal mula sy pakai sebab jerawat d muka saya ne banyak dan besar2 lepas tu sodara saya menyarankan u mencoba produk natasha dan hasilnya memang woooow.... 2 minggu dah keliatan hasilnya memang bagus, sampai temen2 SMA ku pd heran jerawatnya pada lari kemana??? Hahaa... puas hatilah waktu itu, tapi lama lama selepas natasha bnyk cabang ne lah yg bikin terkadang g mampu untuk perawatan dan beli creamnya mahal minta ampyuuun... setelah jerawat jarang muncul aku tetep pakai produknya secara rutin, dan dah jadi kebiasaan.. klo g ad dia mau keluar rumah g pede hihiii... tapi sy perhatikan lama kelamaan g ad efeknya cream yg selalu sy pakai ne jerawatpun muncul juga kadang2 gatal,lepas tu tak tahan muka ne klo kepanasan krn aktifity outdoor... singkat cerita, sy hamil masih mengunakan cream natasha ne, tp husband g setuju klo aku tetep lanjutin pakai, krn kulitku lama2 kok rusak, lepas itu saat aku mau melahirkan anak 1, saya memang berhenti total u tidak mengunakan cream natasha,hsilny teng teng teng... hal yg membuatku terkejut dan bikin aku murung adalah jerawat muncul d seluruh tubuhku apalagi d wajahku dah tak ad tempat lagi untuk berkembang biak.. wajah dah penuh dg jerawat,dan tumbuh juga kumis dan jengot ne, saya malu, menangis rasany dah putus asa, apalagi habis melahirkan banyak orang2 datang kerumah, sodara dr husband, tetangga dr husband,(kebetulan waktu itu saya melahirkan d kuala lumpur t4 husband) mau d letakkan dmn ne wajah... dalam hati menjeriiiiiit... maluuuuuu ga ketulungan, selepas tu sy pulang jogja cari dokter sp. Kulit akhirnya ketemu lah "erha" disana sy d beri tahu klo cream dr natasha tu mengandung mercury, terkejut sy d buatnya krn seingat sy dulu dokter fredy setiawan bilang klo creamny g mengandung mercury, sy sbg orang awam yg tak tahu mcm mana bentuk dan rupa mercury ya mengiyakan saja, sy pk produk erha hanya 8 bln, hasilnya c boleh mengurangkan jerawat, tp tak 100%, selepas tu husband suruh sy berhenti pakai produk kecantikan, biarkan kulit saya ne kembali normal sendiri, sy ikuti anjuran dr husband, saya ne tipe perempuan yg suka minum jamu, krn sy sekarang dah tinggal d kuala lumpur dan disini g ad yg jual jamu, akhirnya sy searching2 cara membuat jamu untuk wanita, untungnya bahan2 jamu disini ad jual d pasar chowkit kuala lumpur, kemudian sy buat jamu itu, saya minum selama 3 hari berturut2, kesan pertama selepas minum jamu itu kulit terasa kering dan gatal, selama 1 minggu lepas itu hasilnya memang wow... alhamdulillah jerawat hilang scar d kulit wajahpun memudar sekarang g perlu pakai kosmetik lagi, klo mau keluar tinggal pakai sunblock aj biar g gosong, tak perlu pakai cream malam pagi siang bikin ribet aj, selain untuk kulit wajah dapat membantu keputihan, menghilang kan bau darah saat kita menstruasi, dari bahan alami, harga murah meriah manfaat luar biasa,alhamdulillah....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh...menarikk. Jamu apa yang kakak buat nih? jamu kunyit asam kahh? kalo iya, boleh juga tuh tips nya. kebetulan saya juga terkadang suka buat, tapi tak rutin. Anyway...thank u udah berkunjung and buat sharingnya kak.

      Delete
  107. Yup bener bgt mba Rumput Ilalang..saya juga pernah perawatan skin care natasha 1 thn...alhasil semua bdn ku alergi gatal2.namun wajah yg diolesi krim ga kena gatal..jd tiap hri musti minum obt alergi.krn saya lebih takut kecanduan obat lebih baik minum madu saja..sama saja ga efek..
    Saya berfikir ini karena apa...saya coba ga pake krim ato cuci muka produk perawatan wajah itu 1 hari...alhamdulillah sembuh ga ada gatel sedikit pun..sudah sembuh alergi nya
    Di counter mol ada wardah saya ditawari wardah sama spg nya..alhamdulillah cocok sampai sekarang.dan muka kembali normal ga sensitif seperti dahulu pake produk perawatan itu

    ReplyDelete
  108. Aku pake Natasha sih krn muka aku jerawtan alergi obat minum. Baca komen org kok proses kinclongnya 1 mgg ya. Di aku malah proses jerawatnya ilang kira2 3bln n proses flek bekas jerawatnya ilang malah di bulan ke
    5. Kulit q udh balik spt sblmnya n gak putih sampe kinclong banget. Bersih n glowing aja. Gak minyak2 berlebih n prasaan kena panas gk merah bgt, biasa aja. Kl proses pakenya dr awal jerawatan smpe bersih spt skrg sih gak ada gatel2 atw ngelupas2 kayak kata org. Pake krimnya jg aku gk rutin. Kl mlm malah kdg lupa pake brp hari. Ama krim pagi jg kadang buru2 ngantor malah lupa pake, sampe kantor bru pake bedak loose powder Natasha jg. Aman2 aja sih aku wlpn make krim gak rutin. Cm facial aku rutin sebulan skali. Apa mgkin cocok2an kali ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bisa jadi mbak. Tp coba mbak brentiin dalam waktu agak lama deh...seminggu sampe 2 minggu. Dari situ baru kelihatan. Tapi kalo memang cocok dan nggak ada niat berhenti, yah nggak papa mbak. Bisa di terusin, yang penting mbak ngerasa nggak ada masalah dan keluhan apa2

      Delete
  109. Share pengalaman pake natasha. Tahun 2010 saya pakai natasha, awalnya cuma coba facial aja krna jaman itu natasha emg lagi hits banget. Baru facial lho ya, itu efeknya muka uda kayak kepiting rebus plus kilang minyak -,-

    Alhamdulillah g pake krimnya sedikitpun, tp sempet dikasih krim iritasi krna buat redain kulit habis facial. Tp yaitu krim iritasinya justru yang ada steroidnya.
    Waktu konsul di Spkk terpercaya langganan para pasien kulit bermasalah, emang menurut baunya krim tsb mengandung steroid yg cukup banyak.
    Kl dr segi media steroid itu boleh digunakan, tp dosis harus sesuai dan dengan pengawasan khusus dr dokter.

    Natasha mah dokter2nya bukan spkk, jdi ya krg terkontrol penggunaan steroidnya.
    Tp ya balik lagi masalah kulit kan cocok2an. Ada gitu temen aku yg pake natasha malah kinclong mulus, tp g tau sehat juga enggak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener, temen saya juga ada yang sampe sekarang masih pake natasha, tapi itupun karena udah ketergantungan.Justru saya waktu pake krim iritasi itu yang kulit langsung bagus bangettt, kenyal, mulus...tapiiii lama2 hikz...

      Delete
  110. Mba pk jafra aja, sdh 60 thn, klo minat WA : 081911914088

    ReplyDelete
  111. Mba pk jafra aja, sdh 60 thn, klo minat WA : 081911914088

    ReplyDelete
  112. Mba, saya baru pakek natasy 2 bln, gk sengaja buka blok ini, dan ngebacA pengalaman 2 yg lumayan serem, klu mau berhenti apakah langsung berhenti dan melakukan treatment 2 yg sdh di anjukan mba ilalang, atau berhentiin produk natasyany satu persatu?

    ReplyDelete
  113. Saya sudah setahun stop na***ha, saya pakai kurang lebih 5 tahunan, yang mbak alami sama seperti saya waktu stop,muka beruntusan merah kecil2 dan gatal. sebelum stop juga sama, 2-3 malam ga pake night creamnya bruntusannya keluar, kemudian konsul, dibilang mungkin ada riwayat alergi, tp saya perhatikan selalu begitu jadinya kaya ketergantungan, dan creamnya juga sudah ga berpengaruh di saya seperti awal pemakaian, malah muka jadi keliatan merah di siang hari, kulit muka jadi tipis dan sensitif, setelah googling mencari review mereka2 yg pakai skincarenya, akhirnya saya memutuskan stop.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak...memang jadi ketergantungan. Dan kadang kalo udah terlanjur tergantung, kuit jadi kebal akhirnya mesti di naikkin levelnya. Masalahnya sampe kapan? kana kasian kulit kita...:)

      Delete
  114. Mba-mba yg mengalami masalah pada wajah salah satunya akibat berhenti dari perawatan skincare lain bisa coba pakai produk skincare dari Jafra. Produk yg sudah ber BPOM dan aman untuk ibu hamil dan menyusui.

    Bisa chat konsul produk langsung ke aku wa/sms di 081319842373.

    ReplyDelete
  115. Mba-mba yg mengalami masalah pada wajah salah satunya akibat berhenti dari perawatan skincare lain bisa coba pakai produk skincare dari Jafra. Produk yg sudah ber BPOM dan aman untuk ibu hamil dan menyusui.

    Bisa chat konsul produk langsung ke aku wa/sms di 081319842373.

    ReplyDelete
  116. hay hay... aku mau sharing nih tentang natas*a..
    udah 4 tahun aku paerawatan di natas*a.. Pertama perawatan disana sih karna abis dr pantai, trus muka keling bgt.. Alhamdulillah ngerasa cocok pake krimnya di 1 tahun pertama.. tapi di tahun tahun berikutnya ngerasa klo malem ga pake krimnya, wajah langsung keluar bruntusan, tp tetep aku lanjut karna ngerasa klo ga make krimnya wajah langsung kusam..
    dan di tahun ini ku mulai berhenti pake natas*a, pertama sih karna mau nikah, disaranin sama periasnya 2 minggu sebelum hari H harus berhenti krim dokter, karna nanti bedaknya ga nempel katanya.. yap aku ikutin deh sarannya..
    tp H-4 doang. hihihi
    Nah aku lanjutin stop pake natas*a , uuuuuuh muka aku bener2 parah.. merah2 di area tertentu.. keluar bruntusan.. nah yg parah muka aku kaya kebakar gtuu perih bin gatell bgttt..
    akhirnya temen aku nyaranin pake cream baby switsal... ulalaaa setelah beberapa hari pake crim baby switsal yg khusus iritasi, alhamdulillah muka ku membaik... dan merah2nya juga memudar.. wajah juga ga terlalu kusam.. pokonya top bgtt dehhhh...

    ReplyDelete
  117. hay hay... aku mau sharing nih tentang natas*a..
    udah 4 tahun aku paerawatan di natas*a.. Pertama perawatan disana sih karna abis dr pantai, trus muka keling bgt.. Alhamdulillah ngerasa cocok pake krimnya di 1 tahun pertama.. tapi di tahun tahun berikutnya ngerasa klo malem ga pake krimnya, wajah langsung keluar bruntusan, tp tetep aku lanjut karna ngerasa klo ga make krimnya wajah langsung kusam..
    dan di tahun ini ku mulai berhenti pake natas*a, pertama sih karna mau nikah, disaranin sama periasnya 2 minggu sebelum hari H harus berhenti krim dokter, karna nanti bedaknya ga nempel katanya.. yap aku ikutin deh sarannya..
    tp H-4 doang. hihihi
    Nah aku lanjutin stop pake natas*a , uuuuuuh muka aku bener2 parah.. merah2 di area tertentu.. keluar bruntusan.. nah yg parah muka aku kaya kebakar gtuu perih bin gatell bgttt..
    akhirnya temen aku nyaranin pake cream baby switsal... ulalaaa setelah beberapa hari pake crim baby switsal yg khusus iritasi, alhamdulillah muka ku membaik... dan merah2nya juga memudar.. wajah juga ga terlalu kusam.. pokonya top bgtt dehhhh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh..seriusan tuh mbak?
      Cream baby switzal itu yang dari produk switzal untuk bayi?
      Hmmm...boleh di coba tuh yahhh

      Delete
  118. siang mbak2 semuanya,
    aku Nuraini, Mahasiswa Psikologi USU d Medan
    saat ini aku lagi ngerjain skripsi perilaku konsumen terkait Natasha nih....
    Aku bole minta tolong untuk isiin kuesionerku gak ya? aku lg butuh 500 responden huhuhu, kalo bole lgsg isi kuesioner dr link berikut ini ya mbak2

    http://goo.gl/forms/YJLFdKHApndARerg2

    aku berharap sekali mbak2 dpt meluangkan waktunya untuk mengisi kuesionerku, aku pengen wisuda di bulan agustus mbak :(

    ReplyDelete
  119. SAYA SEKELUARGA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH KEPADA AKI NAWE BERKAT BANTUANNNYA SEMUA HUTANG HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARAN SAYA SUDAH BISA BUKA TOKO SENDIRI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKI YG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA KEPADA SAYA DAN ALHAMDULILLAH ITU BENER2 TERBUKTI TEMBUS..BAGI ANDA YG INGIN SEPERTI SAYA DAN YANG SANGAT MEMERLUKAN ANGKA RITUAL 2D 3D 4D YANG DIJAMIN 100% TEMBUS SILAHKAN HUBUNGI AKI NAWE DI 085-218-379-259

    ReplyDelete
  120. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  121. Mba bisa ga ya berhenti dri krim dokter tanpa beruntusan? Ada caranya ga ya? Saya udh 6bln pke krim dri wijaya platinum, tapi saat ga pke krim mlm 3hri muka disekitar dagu, hidung dan di atas alis jadi beruntusan merah2, sedih rasanya

    ReplyDelete
  122. Mba bisa ga ya berhenti dri krim dokter tanpa beruntusan? Ada caranya ga ya? Saya udh 6bln pke krim dri wijaya platinum, tapi saat ga pke krim mlm 3hri muka disekitar dagu, hidung dan di atas alis jadi beruntusan merah2, sedih rasanya

    ReplyDelete
  123. Mba bisa ga ya berhenti dri krim dokter tanpa beruntusan? Ada caranya ga ya? Saya udh 6bln pke krim dri wijaya platinum, tapi saat ga pke krim mlm 3hri muka disekitar dagu, hidung dan di atas alis jadi beruntusan merah2, sedih rasanya

    ReplyDelete
  124. Mba bisa ga ya berhenti dri krim dokter tanpa beruntusan? Ada caranya ga ya? Saya udh 6bln pke krim dri wijaya platinum, tapi saat ga pke krim mlm 3hri muka disekitar dagu, hidung dan di atas alis jadi beruntusan merah2, sedih rasanya

    ReplyDelete
  125. Ya ampuuuuun kupikir cuman aku yang ngalamin ini, aku juga udah sebulan ini pas ganti krim baru selalu berefek gatel gatel dan bruntus di muka (jidat terutama) sampe akhirnya ganti krim dan coba krim lain dan efeknya sama ajaaaa. Sampe bingung ko jadi alergi sama semua skin care, ko aku lama banget efek natashanyaa ilang dari wajahku. Ternyata oh ternyata emang kaya gini. Thanks mbaa info untuk mengatasiinyaaa, semoga ketergantumgan natasha di kulitku lekas hilang

    ReplyDelete
  126. Ya ampuuuuun kupikir cuman aku yang ngalamin ini, aku juga udah sebulan ini pas ganti krim baru selalu berefek gatel gatel dan bruntus di muka (jidat terutama) sampe akhirnya ganti krim dan coba krim lain dan efeknya sama ajaaaa. Sampe bingung ko jadi alergi sama semua skin care, ko aku lama banget efek natashanyaa ilang dari wajahku. Ternyata oh ternyata emang kaya gini. Thanks mbaa info untuk mengatasiinyaaa, semoga ketergantumgan natasha di kulitku lekas hilang

    ReplyDelete
  127. Yes... Aku juga ngalamin hal yang sama . Aku baru sekitar 3 minggu pake natasha dan langsung mutusin buat Stop karena mukaku jadi kusam, item, kering, bruntus bruntus kecil kaya biang keringat gitu. Rasanya gatek, cekit cekit gimana gt pengin di garuk garuk �� . Padahal udah habis duit banyak. Akhirnya aku langsung balik lagi ke LBC dan langsung ditangani dikasih perawatan jet peel + peeling, Alhamdulillah wajahku langsung kembali normal paginya langsung ilang si bruntus bruntus. Kapok kalo pake krim dr N*tash* . Selama ak pakr krim di LBC gak masalah mau gak pake krim malem ato yang lainnya gak bikin bruntus bruntus gatel kaya begitu. Bener bener nyakitin muka banget

    ReplyDelete
  128. Hai mbak,mau tanya,kalau produk2 natural yg mbak pakai bisa untuk kulit normal-dry kah? Atau beda jenis minyaknya? Aku baca2 di review bule katanya Maracuja oil juga bagus. Jadi penasaran nih pengen coba cara natural. Mbak kalo ada tips face exfoliating boleh share juga ya..sama undereye treatment (ngareppp) :))

    ReplyDelete
  129. Hai mbak,mau tanya,kalau produk2 natural yg mbak pakai bisa untuk kulit normal-dry kah? Atau beda jenis minyaknya? Aku baca2 di review bule katanya Maracuja oil juga bagus. Jadi penasaran nih pengen coba cara natural. Mbak kalo ada tips face exfoliating boleh share juga ya..sama undereye treatment (ngareppp) :))

    ReplyDelete
  130. sama seperti yg saya alami.. mksh sharenya .. saya mau coba wkk

    ReplyDelete
  131. Halo mba boleh tau gak kode krimnya apa
    Salam knal brkunjung ke blog aku jga yah,
    Aku jg rview krim natasha
    Simalolo.blogspot.co.id

    ReplyDelete